freightsight
Kamis, 25 April 2024

INFO INDUSTRI

Momentum Kebangkitan Ekonomi Ditandai Oleh Rantai Pasok dan Logistik yang Terjaga

17 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Logistik kapal container

Sipping Dock Container © Freddie via Unsplash

• Bali telah terbukti memiliki berbagai macam keunggulan untuk memenuhi berbagai kebutuhan domestik dan luar negeri. Berdasarkan data yang ada, diketahui bahwa dalam 10 tahun terakhir, Bali memiliki pertumbuhan supply dan demand yang sangat besar.

• Namun, melihat data rantai pasok milik Bali yang tercatat tumbuh dalam satu tahun belakangan, rasanya hal ini sudah cukup menandai kebangkitan ekonomi Bali.

Bali telah terbukti memiliki berbagai macam keunggulan untuk memenuhi berbagai kebutuhan domestik dan luar negeri. Berdasarkan data yang ada, diketahui bahwa dalam 10 tahun terakhir, Bali memiliki pertumbuhan supply dan demand yang sangat besar. Akan tetapi, beberapa daerah tetangga Bali, seperti NTB rasanya juga layak untuk dilihat oleh para penyedia jasa logistik yang ada di Bali.

Akbar Djohan selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (ALFI), menyampaikan dengan adanya Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yang mana telah dinobatkan sebagai Bandara terbaik di Indonesia, maka tentu membuat Bali memiliki potensi usaha logistik yang lebih besar. Selain itu, hal ini juga diyakini mampu mendongkrak ekonomi daerah serta nasional.

Dengan mengoptimalkan logistik lewat udara dapat menjadikan Bali sebagai hub logistik tanah air, di samping menunggu rampungnya Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) Pelabuhan Benoa untuk menunjang logistik lewat laut.

“Pelaku usaha logistik harus memanfaatkan peluang dengan melakukan inovasi, kolaborasi dan peningkatan sumber daya manusia serta adaptif. Hal ini bisa dilihat pembangunan Pelabuhan Benoa perlu diberi perhatian khusus, sehingga ke depannya Bali tidak hanya bertumpu distribusi logistik lewat udara tapi lewat laut dapat dikembangkan ke depannya,” ujar Akbar pada keterangannya Senin (13/12).

Sebelumnya diketahui bahwa Bali menjadi salah satu kota di Indonesia yang paling merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Hal ini tidak lain karena Bali mengalami pembatasan wilayah, sehingga hampir seluruh tempat wisata mereka tidak terjamah.
Namun, melihat data rantai pasok milik Bali yang tercatat tumbuh dalam satu tahun belakangan, rasanya hal ini sudah cukup menandai kebangkitan ekonomi Bali. Apalagi kini Bali akan segera memiliki Bali Maritime Tourism Hub, sehingga potensi logistik mereka akan terus terjaga dan tumbuh sangatlah besar.