freightsight
Jumat, 3 Februari 2023

PENGIRIMAN UDARA

Maskapai Penerbangan Menerima Tarif Jangka Pendek dan Mengincar Lonjakan Permintaan Pasca-CNY

16 Januari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash

Operator laut tidak mengharapkan permintaan konsumen di Eropa Utara pulih setidaknya hingga bulan Maret.

Indeks pasar spot peti kemas masih belum mencerminkan tarif 'pasar' ke Eropa Utara.

Operator laut tidak mengharapkan permintaan konsumen di Eropa Utara pulih setidaknya hingga bulan Maret, ketika berharap tarif angkutan peti kemas dari Asia juga pulih.

Tarif rendah, turun menjadi $750 per 20 kaki dan $1.000 per 40 kaki dari China ke pelabuhan-pelabuhan di Eropa Utara, sedang digembar-gemborkan di pasar baik secara langsung melalui kantor-kantor pengangkut lokal atau melalui agen ekspedisi, yang berlaku hingga 1 Maret.

Bukan hanya itu, untuk periode segera setelah Tahun Baru Cina, ketika prospek kargo terlihat lemah, salah satu operator terbesar menawarkan pengirim tarif FAK $ 550 per 20ft dari Dalian ke Felixstowe untuk jendela pengiriman 1 hingga 14 Februari.

Supaya memenuhi syarat untuk tarif ini, pemesanan harus dilakukan sebelum 15 Januari. Indeks pasar spot peti kemas masih belum mencerminkan tarif 'pasar' ke Eropa Utara, walaupun Xeneta's XSI itu paling dekat minggu ini, karena komponennya turun 8% lagi, menjadi $ 1.885 per 40ft.

"Pasokan ruang pengiriman melimpah dan strategi pemasaran operator masih didasarkan pada permintaan kargo, oleh karena itu tarif pasar turun," kata komentar mingguan Ningbo Containerized Freight Index (NCFI).

Namun, ada berita lebih baik minggu ini untuk operator melayani jalur perdagangan Asia-Mediterania, di mana "permintaan yang meningkat" mendorong mitra 2M, MSC dan Maersk untuk mengembalikan pelayaran pada loop AE11/Jade yang dibatalkan.

Tarif spot pada rute tersebut, seperti yang dicatat oleh indeks WCI Drewry, turun 4% minggu ini, tetapi tetap jauh lebih tinggi daripada tarif Eropa Utara, yaitu $ 2.821 per 40ft.

Di samping itu, di trans pasifik, operator didorong penurunan inflasi, turun ke tingkat tahunan sebesar 6,5%, yang diperkirakan akan menyebabkan Federal Reserve tidak terlalu agresif dengan kenaikan suku bunganya dan dengan demikian mendorong konsumen untuk berbelanja lagi.

Harga spot peti kemas dari Asia ke pantai barat AS tampaknya mencapai titik terendah, antara $1.300 dan $2.000 per 40ft, karena operator membatalkan setengah pelayaran mereka pada rute menjelang CNY. Dan pada jalur perdagangan Asia-pantai timur AS lebih kuat, harga spot tampaknya mendatar di sekitar $2.800 hingga $3.600 per 40ft.

Di trans-atlantik, dampak dari pengangkut mengerahkan kapasitas ekstra dan dimulainya layanan pendatang pasar, tidak mengherankan, memberikan tekanan pada tarif angkutan.

Maersk mengumumkan minggu ini 2M menambahkan tiga kapal ekstra ke loop transatlantiknya. Dan Ellerman City Liners berbasis di Inggris meningkatkan layanan dua mingguannya dari pelabuhan Eropa Utara ke pelabuhan pantai timur AS menjadi mingguan, setelah mengerahkan kembali kapal-kapal dari layanan Asia ke Eropa Utara yang tidak berfungsi.

Tarif peti kemas pada rute tersebut, seperti dicatat oleh indeks spot, masih berada pada tingkat yang sangat tinggi antara $5.500 dan $6.500 per 40 kaki, meskipun penurunan mingguan semakin cepat, tetapi tarif 'pasar' dari katakanlah Liverpool ke New York dikatakan oleh kontak forwarder menjadi "jauh lebih rendah"