freightsight
Sabtu, 2 Maret 2024

PELABUHAN

Maersk Menangguhkan Loop Asia-USEC: ‘Saat Permintaan Pulih, Permintaan Segera Kembali'

3 Oktober 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Maersk Line via inews.co.id

Maersk menangguhkan putaran pantai timur Asia-AS.

Pada Agustus New York & New Jersey secara resmi menyalip Los Angeles sebagai pelabuhan peti kemas terbesar.

Maersk menangguhkan putaran pantai timur Asia-AS, membenarkan operator laut trans pasifik melihat pengurangan pemesanan ke pelabuhan Amerika Utara di pantai Pasifik dan Atlantik.Pengangkut mengumumkan bahwa pelayaran terakhir dari layanan pendulum TP28 segera dilakukan oleh Kepulauan Merkur 4.447 teu dari Vung Tau, Vietnam, pada 13 Oktober.

Loop akan digabungkan ke dalam layanan pendulum TP20 Maersk, dengan rotasi yang direvisi: Jakarta-Vung Tau-Shanghai-Ningbo-Busan-Panama Canal-Mobile-Newark, kembali ke Jakarta melalui Terusan Suez. Pelayaran pertama yaitu 4.658 teu Maersk Kentucky pada 16 Oktober.

“Kami tetap berkomitmen untuk membawa semua kargo yang dikontrakkan ke Maersk dan atau diberikan melalui saluran Maersk Spot dan Twill,” kata maskapai tersebut. “Begitu permintaan kargo pulih, kami akan mengembalikan kapasitas.”

Pengakhiran ini tentu saja bisa mengikuti penangguhan loop TP3/Sequoia 2M, layanan CCX Matson, TPX CU Lines dan laporan yang belum dikonfirmasi bahwa CMA CGM menghentikan layanan Jembatan Golden Gate. Hingga saat ini permintaan layanan pantai timur AS tetap kuat, didorong pergeseran dari pelabuhan pantai barat yang padat juga kegelisahan terkait tidak adanya perjanjian kerja pantai barat yang baru sebelumnya berakhir pada 1 Juli.

Menurut analisis pendiri Blue Alpha Capital John McCown terkait 10 pelabuhan teratas AS, impor peti kemas Agustus untuk pelabuhan pantai timur dan Teluk AS meningkat dari tahun ke tahun 12% menjadi 1.187.095 teu, sementara volume pelabuhan pantai barat turun 11,5% di bulan tersebut menjadi 978.844 teu.

Agustus di New York & New Jersey secara resmi menyalip Los Angeles sebagai pelabuhan peti kemas terbesar, setelah peningkatan volume 10,5% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi 441.511 teu, sementara LA mengalami penurunan 16,8% menjadi 404.513 teu .

Laporan McCown mencatat bahwa kemacetan pelabuhan AS ini sudah bergeser, dengan kargo, ke pantai timur, dengan rata-rata bulanan sekitar 110 kapal berlabuh di sisi Atlantik jika dibandingkan dengan sekitar 20 di barat. Savannah memiliki rata-rata tertinggi, 37 dengan New York di 25 juga Houston 24.

Terlepas dari kemacetan, tarif angkutan untuk layanan semua air pantai timur kian turun dalam beberapa minggu terakhir walaupun tidak secepat tujuan pantai barat AS dan menurun sekitar 65% jika dibandingkan dengan 12 bulan lalu, menjadi di bawah $7.000 per 40ft - walaupun mereka masih 50% lebih tinggi dari tingkat pra-pandemi.

Namun, jelas Maersk menemukan mengoperasikan dua kapal panamax 4.500 teu dalam perjalanan pulang pergi proforma 77 hari, ditambah waktu tunggu, menjadi tidak ekonomis, terutama kelangkaan pengiriman kontrak dengan bayaran lebih tinggi yang perlu dilengkapi dengan kargo spot ke mengisi kapal.