freightsight
Jumat, 3 Februari 2023

PELABUHAN

Lakukan Survei Pelanggan, Pelabuhan Pontianak Akan Jalani Pembenahan Layanan

1 Desember 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

via ipctpk.co.id

Survei Kepuasan Pelanggan 2022 ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan melihat dimensi kepuasan pelanggan yang harus ditingkatkan dan disempurnakan pelayanannya kedepan.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak bersama Pengguna Jasa Kepelabuhanan di lingkungan Pelabuhan Pontianak melakukan Survei Kepuasan Pelanggan 2022 yang bertempat di Hotel Golden Tulip, Kota Pontianak, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan itu dihadiri oleh para pengguna jasa kepelabuhanan di lingkungan Pelabuhan Pontianak, juga turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Pontianak, Capt. Mozes I. Karaeng, Ketua DPC. INSA Kalimantan Barat Bong Fo Phin, Ketua DPC. APBMI Kalimantan Barat, Hamdan Godang dan para pengguna jasa di lingkungan Pelabuhan Pontianak.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, Hambar Wiyadi, mengatakan tujuan dari pelaksanaan Survei Kepuasan Pelanggan 2022 ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan melihat dimensi-dimensi kepuasan pelanggan yang harus ditingkatkan dan disempurnakan pelayanannya kedepan.

“Selain itu, memberikan acuan bagi pelayanan yang harus lebih baik guna memenuhi harapan kepada pelanggan jasa kepelabuhanan.” lanjut Hambar.

Kemudian, program pengembangan pelayanan (improvement service) di masa mendatang guna menjawab tantangan yang dihadapi ke depan dan memenuhi permintaan pelanggan atas penyediaan jasa kepelabuhanan.

Lebih lanjut Hambar menjelaskan Survei Kepuasan Pelanggan 2022 ini sekaligus menjadi evaluasi layanan yang diberikan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak selaku pemberi layanan jasa kepelabuhanan dan feedback pelayanan dari pengguna jasa kepelabuhanan selaku penerima layanan jasa kepelabuhanan yang disampaikan melalui Survei Kepuasan Pelanggan 2022.

Diharapkan melalui survei ini diperoleh saran/masukan yang bersifat konstruktif dari pelanggan sekaligus sebagai konsultan yang sesungguhnya bagi penyedia jasa kepelabuhanan, dalam hal ini PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak dalam memperbaiki/improvement/ penyempurnaan terhadap pelayanan jasa kepelabuhanan yang baik dan optimal kepada seluruh pengguna jasa.

“Kami berharap akan muncul dari pelanggan masukan/saran, ide-ide baru dari pelanggan yang dapat memberikan manfaat untuk peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan ke depan. Karena kami menganggap pelanggan merupakan konsultan yang paling jitu. Untuk itu kami mintakan saran dan masukan yang konstruktif guna perbaikan dan penyempurnaan pelayanan kami agar lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan jasa kepelabuhanan kepada pengguna jasa.” tuturnya.

Adapun kategori pelayanan yang di survei adalah pelayanan nahkoda, pelayanan shipping agent, pelayanan bongkar muat petikemas, pelayanan bongkar muat non petikemas dan pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Pontianak. Pelaksanaan Survei Kepuasan Pelanggan 2022 kali ini, berlangsung selama 3 (tiga) hari, yang telah dimulai pada Senin 28 November 2022 hingga 30 November 2022.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Pontianak, Capt. Mozes I. Karaeng mengatakan kegiatan pelaksanaan Survei Kepuasan Pelanggan 2022 sangat mendukung upaya untuk mengetahui pengukuran tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak.

Lebih lanjut Capt. Mozes I. Karaeng mengatakan bahwa survei ini, sekaligus sebagai evaluasi untuk peningkatan dan penyempurnaan atas pelayanan yang telah diberikan kepada pelanggan.