freightsight
Selasa, 7 Mei 2024

PELABUHAN

KSOP di Jayapura Mulai Menyoroti Akses terhadap Pelabuhan Depapre

19 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Dokumentasi via benarnews.org

Pemerintah daerah atau pusat diminta untuk segera meningkatkan aksesibilitas dari dan menuju Pelabuhan Depapre.

Pelabuhan Depapre ini tentunya juga merupakan salah satu pelabuhan yang memang beroperasi di Jayapura, Papua dan Pelabuhan tersebut juga rupanya telah dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pemerintah daerah atau pusat diminta untuk segera meningkatkan aksesibilitas dari dan menuju Pelabuhan Depapre, Jayapura, khususnya pada infrastruktur jalan. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Jayapura juga menilai bahwa akses jalan pelabuhan diresmikan awal 2021 itu juga masih belum memadai.

Padahal, fasilitas kepelabuhanan termasuk perkantorannya ini justru dinilai sudah bisa berfungsi dengan baik.

"Aksesibilitasnya memang agak terhambat infrastruktur yang belum terlalu baik, khususnya jalan. Ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan. Semoga pemerintah daerah atau pemerintah pusat bisa memperbaiki itu," ujar Kepala KSOP Tingkat II Jayapura Agustinus kepada Tim Jelajah Pelabuhan Bisnis Indonesia, Kamis (15/9/2022).

Seperti yang telah diketahui bahwa Pelabuhan Depapre ini merupakan salah satu pelabuhan yang memang beroperasi di Jayapura, Papua. Pelabuhan tersebut juga rupanya telah dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sejak awal tahun lalu saja, pelabuhan yang bisa dibilang masih berumur muda itu rupanya juga telah melayani angkutan tol laut rute Papua dan Papua Barat.

Pelabuhan itu pun saat ini juga melayani angkutan rute perintis ke daerah-daerah terpencil.

Adapun, Depapre tentu saja memang bukan satu-satunya pelabuhan yang dinilai dan ini pun juga perlu perhatian pemerintah khususnya yang terkait dengan akses jalan.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Head Terminal Petikemas Jayapura Bani Sahara, infrastruktur jalan yang ada di luar pelabuhan itu dinilai masih belum juga mendukung operasional pelabuhan.

Luas jalan yang menuju Port Numbay itu rupanya juga dinilai masih sempit sehingga ini memang kerap menghambat jalan untuk truk barang atau juga kontainer.

"Jalan di luar itu kecil dan sempit. Sementara itu mobil-mobil peti kemas itu besar. Mungkin itu yang menghambat jalur logistik, tapi itu bukan wewenang kami [untuk menangani]," ujar Bani.