freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

INFO INDUSTRI

Kominfo Dorong Kerjasama E-Commerce Dengan Logistik di Desa

5 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kominfo

Kominfo © via kominfo.go.id

• Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong kerjasama antara layanan e-commerce dengan logistik agar bisa meningkatkan potensi ekonomi digital dari pedesaan.

• Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya tren pemanfaatan logistik menyebabkan adanya pacuan kebutuhan logistik yang andal.

Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong kerjasama antara layanan e-commerce dengan logistik agar bisa meningkatkan potensi ekonomi digital dari pedesaan.

Dody Setiadi selaku Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo, menyampaikan kerjasama ini akan membuat pasat e-commerce di Indonesia juga bisa terus berkembang.

“Kemitraan tersebut akan melibatkan kolaborasi peningkatan infrastruktur logistik, penguatan layanan point-to-point, dan peningkatan pemenuhan last-mile delivery. Tidak hanya menjangkau seluruh wilayah negara namun bisa menjadi solusi bagi penjual online di daerah pedesaan,” katanya, dalam keterangan Minggu (26/12).

Diketahui bahwa sejak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia telah ada peningkatan jumlah konsumen digital yang terbilang cukup besar, yakni sebanyak 21 juta orang. Dody juga mengatakan bahwa ada sebanyak 72 persen dai peningkatan tersebut yang berasal dari wilayah pedesaan. Karena itu, untuk bisa meningkatkan ekonomi digital di pedesaan maka Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah menyiapkan infrastruktur digital dan demi mendorong inovasi serta kemitraan layanan e-commerce dan logistik.

Irjen Kementerian Kominfo menyampaikan, keberadaan infrastruktur dan platform digital akan membuka peluang untuk masyarakat, utamanya khusus untuk mereka yang ada di kawasan pedesaan, agar mereka bisa menjual produk secara online. Penjualan produk yang dilakukan secara online dari pedesaan Indonesia bisa menjangkau jutaan pelanggan karena mereka bisa terhubung dengan pelanggan secara nasional.

“Itu akan mengurangi biaya transaksi, memanfaatkan skala dan cakupan ekonomi, dan memungkinkan penjual mengakses kumpulan besar pelanggan melalui platform digital,” kata Doddy.

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya tren pemanfaatan logistik menyebabkan adanya pacuan kebutuhan logistik yang andal. Karena itu, Pemerintah berusaha memastikan infrastruktur logistik Pos Indonesia bisa melakukan integrasi secara nasional, sehingga bisa menjangkau daerah yang belum terjangkau, dan bisa meminimalkan kesenjangan infrastruktur antara pedesaan dan perkotaan.