freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

KMP Labuhan Haji, yang Layani Rute Bitung – Tobelo Kini Resmi Diluncurkan Oleh ASDP

17 November 2021

|

Penulis :

Andre Medimar

Kapal Ferry

White and Blue Boat © Julie North via Unsplash

PT ASDP Indonesia Indonesia Ferry (Persero) secara resmi mengoperasikan KMP Labuhan Haji. Kapal ini, nantinya akan melayani rute Sulawesi Utara menuju Maluku Utara. Dengan demikian, maka KMP ini akan memperkuat konektivitas penyeberangan antar dua wilayah tersebut.

Shelvy Arifin yang merupakan Corporate Secretary ASDP, mengungkapkan bahwa apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan, baik Gubernur Sulawesi Utara, Kadishub Provinsi Sulawesi Utara Lynda D Watania, Kepala BPTD wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara Ranhard Ronald dan seluruh pihaknya memastikan mendukung peran ASDP dalam mendukung akses transportasi Sulawesi Utara menuju Maluku Utara,

"Harapan kami, dengan beroperasinya KMP Labuhan Haji di bawah koordinasi Cabang Bitung, maka akses transportasi penyeberangan dan sektor logistik akan semakin mudah, lancar, aman dan selamat," tutur Shelvy dalam siaran pers, dikutip Minggu (14/11/2021).

Dalam kesempatan yang sama ia juga menyingung soal KMP Labuhan Haji yang hadir di Bitung dan belum lama ini direlokasi dari Sibolga yang menambah frekuensi layanan ASDP dari Bitung ke Tobelo, yang mana sebelumnya jalur ini dilayani menggunakan KMP Madani.

Ia mengungkapkan bahwa tingkat antusiasme dari jasa lintasan Bitung – Tobelo ini terbilang cukup besar, khususnya untuk sektor logistik. Biasanya perjalanan dari lintasan ini, memang kerap dilakukan oleh logistik yang mengangkut komoditi hasil alam, seperti ikan, dan kopra.

Ia mengharapkan bahwa dengan dilakukannya penambahan kapal KMP Labuhan Haji ini, maka nantinya akan bisa memperkuat dan memperlancar layanan angkutan logistik dari Sulawesi Utara menuju ke Maluku Utara.

KMP Labuhan Haji sendiri memiliki ukuran yang cukup besar, yakni sebesar 753 GT, dan panjangnya adalah 54,5 meter, serta lebar 14 meter. Dengan ukuran tersebut, KMP ini mampu mengangkut sebanyak 260 orang penumpang serta 20 kendaraan campuran. KMP ini biasanya melayani Bitung – Tobelo, dan beroperasi setiap hari Jumat dan Selasa. Sedangkan untuk rute Tobelo – Bitung setiap hari Sabtu dan Rabu.