freightsight
Jumat, 26 April 2024

INFO INDUSTRI

KKP Pastikan Penggunaan Ruang Laut Untuk Ekspor Listrik ke Singapura Sesuai Aturan

21 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Penyediaan tenaga listrik

Dokumentasi PLN via medcom.id

• Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyampaikan bahwa pemanfaatan ruang laut dalam rencana aktifitas penyediaan tenaga listrik dari energi terbarukan (EBT) dari Indonesia ke Singapura yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) dipastikan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

• Diketahui pula bahwa PLN memiliki rencana pembangunan sistem ketenagalistrikan di Sumatera sampai mencapai target untuk siap melakukan pengiriman listrik ke luar negeri,

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyampaikan bahwa pemanfaatan ruang laut dalam rencana aktifitas penyediaan tenaga listrik dari energi terbarukan (EBT) dari Indonesia ke Singapura yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) dipastikan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pamuji Lestari selaku PLT Direktur Jenderal Pengelolaan Raung Laut KKP, mengatakan pihaknya telah melakukan pembahasan soal rencana dan strategi bersama PLN, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESD), serta Kementerian Luar Negeri pada 14 Januari kemarin.

Dalam forum tersebut diketahui bahwa KKP telah menyatakan diri siap memberikan fasilitas dan konsultasi perizinan pemanfaatan ruang laut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 21/2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

“Kami siap mendukung, dan tentunya ingin rencana dan strategi yang telah disusun dalam sinergi penyediaan energi listrik ini dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Tari dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (15/1/2022).

Sebelum ini, pihak Kementerian ESDM juga telah melakukan pertemuan yang mana khusus untuk membahas tentang pengaturan ekspor tenaga listrik. Dalam pembahasan tersebut turut diundang kementerian serta lembaga terkait, dan badan usaha bidang ketenaga kerjaan.

Kemudian, salah satu hal yang perlu untuk ditindak lanjuti adalah, koordinasi lebih lanjut tentang penataan ruangan dengan KKP. Atas dukungan KKP, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenaga Listrikan Kemensterian ESDM, Ida Nuryanti Finahari juga secara langsung menyampaikan apresiasinya.

Diketahui pula bahwa PLN memiliki rencana pembangunan sistem ketenagalistrikan di Sumatera sampai mencapai target untuk siap melakukan pengiriman listrik ke luar negeri. Hal tersebut terungkap dalam penjelasan yang diberikan oleh Edwin Nugraha Putra, selaku Executive Vice President (EVP) Perencanaan Sistem Ketenagalistrikan PLN.

“Untuk interkoneksi Indonesia-Singapura, nantinya lokasi gardu induk harus berada di pulau terdepan sebagai lokasi yang paling efektif untuk koneksi dengan pembangkit pemasok EBT,” ucapnya.