freightsight
Sabtu, 2 Maret 2024

PENGIRIMAN LAUT

Kemensos Buat Motor Listrik-Kapal Fiber Untuk Mudahkan Angkut Barang di Papua

10 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Motor listrik

Motor listrik via Detik Oto

• Kementerian Sosial (Kemensos) saat ini sedang membuat kapal fiber dan motor listrik. Hal tersebut juga demi memudahkan masyarakat mengangkut berbagai barang di Papua.

• Dari penuturan Mensos, diketahui pula bahwa ada 2 kapal yang telah diselesaikan pada tanggal 10 November 2021 lalu, serta akan ada 4 kapal rampung pada 25 Desember.

Kementerian Sosial (Kemensos) saat ini sedang membuat kapal fiber dan motor listrik. Hal tersebut juga demi memudahkan masyarakat mengangkut berbagai barang di Papua.

Tri Rismaharini, selaku Menteri menyampaikan bahwa jalan yang ditempuh di Papua cukup terjal, karena itu pemerintah perlu membuat motor listrik.

“Untuk mencapai akses disana masih cukup berat, bergunung-gunung, sungai-sungai. Saat ini kita menciptakan motor listrik yang akan kita modifikasi dengan angkutan barang, sehingga nanti akan bisa memecahkan angkutan barang di puncak gunung,” ujarnya di Gedung Kemenko PMK, Rabu (29/12/2021).

Menurut Risma, penghematan BBM akan memungkinkan dirasakan oleh masyarakat dengan adanya motor listrik.

“Harga satu liter BBM di puncak gunung bisa mencapai Rp 100 ribu, jadi dengan motor listrik ini yang bisa dipakai untuk angkutan barang, karena jalannya relatif masih kecil-kecil, sehingga di jalan setapak bisa dilewati dengan motor ini,” ujarnya.

Motor listrik bukan hanya satu-satunya yang tengah disiapkan oleh pemerintah, karena mereka juga sedang membuat kapal fiber.

“Kami juga membuat kapal fiber yang sudah jadi. Karena permasalahan di Papua itu aksesbilitas, karena itu kita membuat aksesbilitas untuk masyarakat,” ujarnya.

Dari penuturan Mensos, diketahui pula bahwa ada 2 kapal yang telah diselesaikan pada tanggal 10 November 2021 lalu, serta akan ada 4 kapal rampung pada 25 Desember.