freightsight
Selasa, 5 Juli 2022

INFO INDUSTRI

Kendala Ekspor Lewat Laut Terus Terkendala, Kadin Dorong Ekspor Jalur Udara

11 Oktober 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Cargo Plane © Patrick Champanale via Unsplash

Sebagaimana diketahui bahwa belakangan ini, ekspor menggunakan jalur laut memang sedang mengalami berbagai masalah, mulai dar kontainer yang langka, harga yang naik puluhan kali lipat, dan lain sebagainya. Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, pihak Kadin Indonesia mendorong agar pelaku usaha melakukan ekspor menggunakan jalur udara.

ÔÇ£oleh karenanya, saat ini kami mendorong para pengusaha mengoptimalkan jalur udara agar dapat melakukan kegiatan ekspornya. Kam telah melakukan pertemuan dengan [para pengusaha maskapai, mereka sap para eksportir,ÔÇØ ujar Denon Prawiraatmadja, selaku wakil ketua umum bidang perhubungan Kadin Indonesia, pada keterangan yang ia tulis di Jakarta, kamis (707/10/21).

Menurut Denon, masalah yang kini tengah dihadapi oleh para pelaku usaha adalah, mereka tidak bisa melakukan pengiriman barang menggunakan jalur laut secara optimal. Hal ini ia sampaikan pada acara diskusi peran transportasi udara dalam mendukung ekspor nasional Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Denon juga memaparkan bahwa data yang ia milik menunjukkan adanya imbas besar dari pandemi Covid-19 terhadap dunia pelayaran, serta pelabuhan. Pada akhirnya hal tersebut menyebabkan adanya ketergangguan sumber daya manusia.

Hal yang disebutkan oleh Denon menunjukkan bahwa adanya keterhambatan pelayanan di pelabuhan, sehingga membuat ada banyak kapal menjadi yang berlayar jadi berkurang, kemudian hal ini membuat perputaran kapal, dan kontainer jumlahnya jadi sedikit. Lalu kini ocean freight jumlahnya jadi meningkat dan semakin tinggi.

Masih di diskusi yang sama pihak Kadin Indonesia, melalui Denon menyampaikan bahwa sampai saat ini sedang mengusahakan untuk melakukan berbagai macam rumusan untuk menghadapi masalah dan situasi saat ini, tanpa perlu mengganggu mekanisme pasar.
Salah satu jalan keluar yang kini bisa dipertimbangkan, dan dipilih oleh para eksportir untuk mengatasi masalah pengapalan adalah, melakukan ekspor melalui jalur udara.

ÔÇ£kami mencoba audiensi kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi untuk berdiskusi dan meminta dukungan,ÔÇØ jelasnya.

Besar harapan Denon agar apa yang kini diupayakan oleh Kadin Indonesia akan mampu memberikan bantuan untuk eksportir, sehingga eksportir bisa lebih mudah melakukan kegiatan dagangnya. Karena dengan kelancaran yang dialami oleh eksportir, maka dampaknya juga akan baik untuk perekonomian Indonesia.

Bagikan artikel ini: