freightsight
Jumat, 26 April 2024

PELABUHAN

Ketua DPD RI Optimis Pelabuhan Jangkar Bisa Dorong Perekonomian

28 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ketua DPD RI

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. /Kams...

• AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan sambutan positif atas beroperasinya dermaga gerak yang berlokasi di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur.

• Dermaga Gerak yang menjadi bagian dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, secara resmi diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada, Khofifah Indar Parawansa, Minggu (19/12/21).

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan sambutan positif atas beroperasinya dermaga gerak yang berlokasi di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur. Menurutnya, pengembangan yang dilakukan pada pelabuhan tersebut akan membuat akses dan konektivitas antar pulau yang ada di Madura dan Indonesia Timur akan bisa lebih lancar untuk ke depannya.

“Potensi Jatim menjadi penghubung wilayah-wilayah kepulauan dengan Indonesia Timur menjadi semakin terbuka. Akses ini akan memobilisasi dan memperlancar distribusi kebutuhan bahan pokok mendukung pembangunan daerah dan penurunan biaya logistik barang dan jasa,” jelas LaNyalla dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Lebih lanjut LaNyalla juga mengharapkan ke depan pelabuhan akan memberikan dampak yang signifikan dalam mendukung pemerataan perekonomian, pertumbuhan perdagangan, dan peningkatan efektivitas ekonomi.

“Selain itu akan mendukung produktivitas masyarakat baik di sektor ekonomi, aktivitas sosial, pendidikan hingga berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” sebut LaNyalla.

Selain itu, senator asal Jawa Timur tersebut juga menyampaikan dukungannya terhadap usulan Pemprov Jatim agar Pelabuhan Jangkar bisa mendapatkan izin untuk Long Distance Ferry (LDF) atau pelayaran jarak jauh.

"Saya kira izin untuk pengembangan pelayaran jarak jauh perlu diberikan. Kementerian Perhubungan semoga segera menindaklanjuti karena pelabuhan tersebut memang memenuhi syarat," terang LaNyalla.

Dermaga Gerak yang menjadi bagian dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, secara resmi diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada, Khofifah Indar Parawansa, Minggu (19/12/21). Yang mana dermaga gerak ini merupakan jembatan yang bisa bergerak mengikuti pasang dan surut air laut. Dengan demikian, kendaraan bisa berpindah tempat dari kapal ke dermaga maupun sebaliknya.

Dengan keberadaan lokasi yang strategis dan aman terhadap gelombang berkedalaman hingga 20 meter dan tingkat sedimentasi yang terbilang rendah, LaNyalla menyampaikan bahwa Pelabuhan Jangkar memiliki untuk memberikan pelayanan transportasi laut menuju Mataram sampai Kupang, NTT.