freightsight
Rabu, 28 September 2022

INFO INDUSTRI

Ketahui Berbagai Pelabuhan Kontainer Terbesar di Dunia

10 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan besar

Modern storage of many colorful cargo containers ©...

Pelabuhan kontainer, tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan suatu negara. Bahkan, bisa dibilang bahwa pelabuhan kontainer adalah nadi perekonomian negara atau bahkan dunia.

Berbicara tentang pelabuhan kontainer, di dunia ada beberapa pelabuhan kontainer terbesar di dunia yang terletak di beberapa negara. Nah, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  1. Port of Shanghai (China).

Sebelumnya, Pelabuhan Singapura disebut sebagai pelabuhan kontainer paling padat di dunia, namun sejak tahun 2010 lalu, Pelabuhan Shanghai sudah menggeser kedudukan mereka.

Pelabuhan Shanghai tercatat telah menangani 29.050.000 TEuS, sedangkan Pelabuhan Singapura berhasil menangani sebanyak setengah juta TEuS. Kemudian, pada tahun 2012 lalu, Pelabuhan Shanghai berhasil mencatatkan rekor yang memecahkan sejarah yakni dengan menangani lebih dari 32 juta TEuS.

  1. Port Ningbo-Zhousan (China)

Port of Ningbo Zhoushan (China) adalah dua pelabuhan lama yang digabungkan menjadi satu, yakni pelabuhan Ningbo Port dan Zhoushan Port. Setelah penggabungan ini, mereka resmi masuk ke dalam 10 besar pelabuhan laut di dunia.

  1. Port of Singapore

Asia Tenggara, memiliki pelabuhan terbesar ke 3 di dunia, dan terletak di Singapura, yakni Port of Singapore. Pelabuhan Singapura sebelumnya selalu menempati peringkat kedua sebagai pelabuhan terbesar di dunia.

Namun, pada tahun 2008 lalu mereka turun pada posisi ke tiga dan masih bertahan sampai saat ini. Yang menakjubkan adalah, Pelabuhan Singapura berhasil menjadi satu-satunya yang paling besar di Asia Tenggara, dengan wilayah negara paling kecil.

  1. Port of Rotterdam

Yang menempati posisi ke 4 adalah, Port of Rotterdam. Pelabuhan ini terletak di kawasan Eropa, atau khususnya di negara Belanda. Diketahui sejak tahun 1962 hingga 2002 lalu, telah menjadi pelabuhan tersibuk pertama di dunia, kemudian mereka disusul oleh Singapura, kemudian Shanghai.

  1. Port of Tianjin (China)

Port of Tianjin adalah pelabuhan yang terletak di China, dan kini berhasil menjadi pelabuhan kontainer terbesar di dunia. Saat ini, diketahui tah terhubung dengan lebih dari 400 pelabuhan laut di dunia, dan kerap kali menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal dari lebih 200 negara.