freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

PENGIRIMAN LAUT

Pihak Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Kenalkan Layanan Daring Portal Perak

1 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Terminal Peti Kemas Surabawa

Terminal Peti Kemas Surabaya © Eric Ireng via Anta...

Layanan dari portal perak, saat ini sudah bisa digunakan, karena itu pihak otoritas pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, baru-baru ini melakukan acara sosialisasi pengenalan layanan tersebut.

“Perangkat lunak tersebut merupakan layanan yang nantinya dapat diakses melalui website dan aplikasi android, sehingga akan mempermudah dalam penggunaan jasa kepelabuhan,” papar Yefri Meidison, selaku kepala otoritas pelabuhan tanjung perak Surabaya, pada acara sosialisasi tersebut, Selasa (19/20/2021).

Selain itu, Yefri juga sempat menyampaikan bahwa nantinya layanan ini nantinya akan bisa digunakan untuk melakukan akomodasi bagi para pengguna jasa kepelabuhan. Sebagaimana diketahui, bahwa sebelumnya memang masih ada beberapa pelayanan yang hanya dilakukan secara manual., dan belum terintegrasi dengan sistem Inportnet. Nantinya, layanan daring inilah yang akan membantu sistem jadi online dan lebih mudah.

Menurut Yefri, nantinya portal perak juga akan menjadi sebuah sistem kantor elektronik untuk pihak otoritas pelabuhan tanjung perak. Karena itu pula, pihak otoritas kini melakukan acara pengenalan layanan daring bernama portal perak, serta menjelaskan apa saja layanan yang bisa diakses melalui portal tersebut.

“Akan ada enam pelayanan kepelabuhan otoritas pelabuhan tanjung perak Surabaya yang sekarang bisa dilayani secara digital di dalam aplikasi itu,” katanya.

Pada acara perkenalan tersebut, juga telah disampaikan apa saja jenis pelayanan tersebut. berikut ini adalah beberapa jenis pelayanan yang nantinya bisa diakses melalui portal perak. Adalah sistem evaluasi dan monitoring data kinerja (Simasdiki), pelayanan tonase kecil (Sikancil), sistem rekomendasi pembukuan perusahaan (E-Rekom), sistem laporan kegiatan bulanan secara elektronik (E-R eport), sistem registrasi tkbm (E-TKBM), dan sistem daring pembayaran pelayaran rakyat (Soppelra).

“Sekarang ini kami sosialisasikan dulu. Nanti akan kami launching” jelasnya, saat menanggapi pertanyaan seputar penerapan resmi portal perak.
Aplikasi portal perak, saat ini memang masih belum di launching, karena mau tidak mau memang harus lebih dulu mendapatkan izin dari pihak pemerintah pusat. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Ketua Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Bagikan artikel ini: