freightsight
Jumat, 19 April 2024

REGULASI

Kereta Api Barang Tergelincir, Serikat Pekerja Desak Aturan Keselamatan Diperkuat

17 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via detik.com

Serikat pekerja telah menggambarkan penggelinciran kereta Norfolk Southern (NS) dekat Pittsburgh bulan ini sebagai peringatan untuk langkah-langkah keselamatan yang lebih kuat dan peningkatan pengawasan peraturan.

Serikat pekerja telah menggambarkan penggelinciran kereta Norfolk Southern (NS) dekat Pittsburgh, Amerika Serikat bulan ini sebagai peringatan untuk langkah-langkah keselamatan yang lebih kuat dan peningkatan pengawasan peraturan.

Kereta NS, dengan tiga lokomotif dan 150 gerbong, tergelincir pada tanggal 3 Februari 2023, dengan 38 gerbong keluar dari rel, termasuk 11 membawa bahan berbahaya: lima dimuat dengan vinil klorida, bahan kimia yang mudah terbakar dan sangat beracun; yang lainnya membawa cairan yang sangat mudah terbakar.

Kebakaran berikutnya merusak 12 gerbong kereta lainnya, dan daerah tersebut harus dievakuasi. Ada laporan kematian hewan ternak dan satwa liar, yang diduga akibat tumpahan bahan kimia yang sangat beracun. Menurut satu laporan, penduduk dan pemilik bisnis di daerah tersebut telah mengajukan setidaknya empat gugatan class action.

Pada Senin (13/2/2023), kecelakaan antara truk 18 roda dan kereta Union Pacific di dekat Houston menyebabkan pengemudi truk tewas dan 21 gerbong, beberapa di antaranya membawa bahan berbahaya, meninggalkan rel.

Namun, analis keuangan tidak melihat dampak serius bagi operator dalam jangka panjang. Dua lembaga keuangan menunjukkan bahwa kecelakaan di masa lalu – termasuk yang berakibat fatal – gagal merusak penilaian operator kereta api yang terlibat dalam waktu singkat.
Analis menyebutkan, penggelinciran kereta NS pada tahun 2005, ketika sembilan orang meninggal dan lebih dari 550 dirawat di rumah sakit karena masalah pernapasan, mempengaruhi stok hanya sebentar.

Serikat pekerja, di sisi lain, telah menyatakan keprihatinan yang serius, memperingatkan akan lebih banyak insiden serupa di masa mendatang. Seorang anggota Persatuan Pekerja Kereta Api, sebuah kelompok buruh nirlaba yang berkoordinasi dengan serikat pekerja kereta api nasional, menyebut penggelinciran NS sebagai "puncak gunung es", dan memperingatkan bahwa penggelinciran berikutnya bisa menjadi bencana.
Yang lain menuduh perkeretaapian "bermain rolet Rusia" dengan keselamatan kereta api.

Serikat Pekerja Kereta Api mengatakan "praktik berisiko" adalah bagian dari budaya perkeretaapian dan berkontribusi pada penggelinciran, termasuk kereta yang lebih panjang dan lebih berat, pengurangan personel pemeliharaan dan pengoperasian yang berlebihan, pemeliharaan yang ditangguhkan, jam kerja yang panjang, dan pelatihan di tempat kerja yang terbatas.

Sebagian besar kritik diarahkan pada perkeretaapian presisi, yang telah menghasilkan keuntungan yang jauh lebih tinggi untuk perkeretaapian Kelas I, tetapi dianggap sebagai penyebab layanan dan kinerja yang buruk, serta peningkatan kecelakaan.

Greg Regan, presiden Departemen Perdagangan Transportasi Federasi Perburuhan Amerika dan Kongres Organisasi Industri (AFL-CIO), menulis kepada Federal Railroad Administration (FRA), mengatakan penggelinciran per mil kereta dan insiden di pangkalan rel telah meningkat secara signifikan, setelah penerapan perkeretaapian presisi di beberapa perkeretaapian besar.

Sepanjang 2009 hingga 2021, sekitar 1.700 kecelakaan kereta api terjadi setiap tahun di AS, menurut Biro Statistik Transportasi AS. Wilayah Pittsburgh telah menyaksikan delapan kereta tergelincir selama lima tahun terakhir, menurut kelompok lobi Rail Pollution Protection Pittsburgh.

Serikat pekerja menyerukan FRA untuk meningkatkan pengawasannya terhadap langkah-langkah keselamatan perkeretaapian. Salah satu saran yang dianut oleh AFL-CIO adalah mandat bagi operator Kelas I untuk menerapkan sistem pelaporan 'rahasia', yang memberi karyawan kesempatan untuk melaporkan masalah keselamatan secara anonim. Ini telah diadopsi oleh beberapa operator kereta api penumpang, tetapi tidak satu pun dari perusahaan kereta api barang AS, menurut AFL-CIO.

Namun, regulator mungkin menjadi bagian dari masalah, menurut pejabat serikat pekerja yang mengkritik aturan yang diperkenalkan oleh Departemen Perhubungan pada tahun 2020 yang mengizinkan pengiriman LNG melalui kereta api tanpa aturan keselamatan tambahan.