freightsight
Selasa, 30 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Kenaikan Tarif Menandakan Keberhasilan Manajemen Kapasitas Operator

17 April 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via idnfinancials.com

Tarif spot peti kemas dari Asia ke Eropa Utara meningkat.

Jalur pelayaran yang melayani jalur perdagangan sekarang mengelola kapasitas dengan efisien.

Tarif spot peti kemas dari Asia ke Eropa Utara meningkat minggu ini dan beberapa operator menunda penawaran harga untuk pengiriman bulan Mei menjelang antisipasi kenaikan tarif umum (GRI).

Komponen WCI Eropa Utara Drewry naik tipis 4% pada minggu ini, menjadi $ 1.598 per 40 kaki, tetapi harga forward untuk pelayaran akhir April dari China jauh lebih tinggi daripada harga spot.

Memang, kontak pengirim dari The Loadstar dikutip $ 1.750 per 40 kaki dari Dalian, China, ke Felixstowe dan $ 1.825 ke Rotterdam untuk pelayaran akhir April ini.

Namun, para operator belum juga menunjukkan tangan mereka untuk pengiriman bulan Mei, karena mereka mengukur respon pasar terhadap kenaikan tarif saat ini.

Jalur pelayaran yang melayani jalur perdagangan tampaknya sekarang mengelola kapasitas mereka dengan lebih efisien dan minggu ini, komentar Ningbo Containerized Freight Index (NCFI) melaporkan "ruang pada beberapa pelayaran sangat terbatas".

Seorang kontak operator mengonfirmasi kepada The Loadstar bahwa faktor muatan head haul telah "meningkat pesat" dalam beberapa minggu terakhir dan menambahkan: "Sebagian besar pelayaran kami terisi penuh minggu ini dan kami harus menggulung beberapa kontainer, terutama jika kontainer tersebut berat."

Di tempat lain, harga spot dari Asia ke pelabuhan Mediterania yang bertahan lebih baik selama penurunan nilai tukar, datar dengan Freightos Baltic Index (FBX) berada di $ 2.241 per 40 kaki.

Di samping itu, di trans pasifik, komponen FBX Asia-AS pantai barat tetap pada level terendahnya yaitu lebih dari $ 1.000 per 40 kaki, tetapi sejumlah GRI operator, yang dimulai dari pertengahan bulan dan berkisar antara $ 500 hingga $ 1.000 per 40 kaki, tampaknya akan mendorong harga spot kembali naik di rute tersebut karena volume meningkat dan manajemen pasokan operator semakin ketat.

Direktur eksekutif Port of Los Angeles, Gene Seroka, mengatakan bahwa minggu ini throughput bulan April di terminal LA diperkirakan akan mencapai sekitar 700.000 teus, naik dari 623.234 teus yang diproses bulan lalu.

Data Signal pelabuhan yang diperoleh dari manifes kapal yang tiba dan diharapkan, tampaknya mendukung prospek positif ini, menunjukkan impor peti kemas dari 23 panggilan kapal minggu ini 116.939 teu, naik 37% pada minggu yang sama tahun lalu.

Harga spot ke pantai Atlantik dan Teluk dari Asia menghentikan penurunannya minggu ini dengan angka WCI naik 2%, menjadi $ 2.552 per 40 kaki.

Jauh dari rute utama, harga spot peti kemas di jalur perdagangan transatlantic menurun dari level historisnya yang tinggi, tetapi laju penurunannya mungkin tidak secepat diharapkan. XSI Xeneta dari Eropa Utara ke pantai timur AS minggu ini menunjukkan penurunan 2%, menjadi $3.326 per 40 kaki.

Operator laut menumpuk lebih banyak tonase pada rute tersebut untuk mengambil keuntungan dari permintaan yang relatif kuat dan tarif lebih tinggi dapat pada waktunya, menghasilkan banyak tekanan ke bawah pada tarif angkutan.

Misalnya, pengangkutan transatlantic OOCL kuartal pertama naik 25% periode yang sama 2022, 128.233 teu, tetapi tarif rata-rata rute tersebut turun 16,5% $ 2.432 per teu.