freightsight
Jumat, 3 Mei 2024

INFO INDUSTRI

Kemendag Kembali Lakukan Ajang Good Design Indonesia Untuk Tingkatkan Ekspor

25 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kemendag

Dokumentasi Kemendag

• Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar ajang Good Design Indonesia (GDI).

• Didi Sumedi selaku Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional menyampaikan bahwa para pemenang dari ajang GDI 2022 ini nantinya akan mendapatkan beberapa manfaat.

Demi bisa menjaga momentum peningkatan ekspor nonmigas ke pasar internasional, kini Kementerian Perdagangan (Kemendag) lagi-lagi menggelar ajang Good Design Indonesia (GDI).

Muhammad Lutfi selaku Menteri Perdagangan menyampaikan bahwa GDI 2022 akan menjadi salah satu ajang program unggulan untuk bisa memulihkan ekonomi nasional.

Selain itu GDI ini juga menandai langkah nyata yang diambil oleh pemerintah untuk melakukan perluasan pasar ekspor untuk produk-produk yang memang memiliki nilai tinggi di nonkomoditas.

"GDI adalah salah satu cara mendorong pertumbuhan kinerja ekspor nonmigas," kata Mendag Lutfi, dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/1).

Ia juga menambahkan bahwa GDI bisa menjadi ajang pemasaran atau promosi dan apresiasi untuk produk serta jasa manufaktur maupun nonmanufaktur yang dikemas dengan menggunakan desain yang baik.

"Produk-produk itu juga nantinya bisa diproduksi secara berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi, sehingga menghasilkan produk bernilai tambah dan dapat dipasarkan di pasar global," jelasnya.

Menurut Lutfi, secara total ada sebanyak 17 kategori produk dalam ajang GDI 2022 ini, yang nantinya akan bisa dipilih oleh para peserta.

Kategori tersebut adalah accessories and wearable; personal care; stationery and hobby; household goods; home appliances; audio, video and ICT equipment.

Kemudian, equipment and facilities for manufacturing and medical; housing fixtures; furniture/equipment and facilities for office and public; mobility; housing (detached house and small sized housing complex).

serta, housing (medium to large sized housing complex & co-housing); construction (industry and commercial facility); public facility, civil structure and landscape; media and contents; system and service; dan initiative and activity for regional.

Didi Sumedi selaku Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional menyampaikan bahwa para pemenang dari ajang GDI 2022 ini nantinya akan mendapatkan beberapa manfaat, misalnya memperkuat jaringan bisnis serta memperluas pasar di skala global.
"Kami mengundang kalangan desainer dan para pelaku industri berorientasi ekspor untuk berpartisipasi pada ajang GDI," kata Didi Sumedi.

Pendaftaran GDI secara resmi dibuka pada 20 Januari-akhir Maret 2022 melalui tautan iddc.kemendag.go.id