freightsight
Senin, 6 Mei 2024

INFO INDUSTRI

Kemendag Lepas Ekspor Gula Kelapa Asal Banyumas Senilai Rp 16 Miliar

19 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Gula kelapa merah

Palm Sugar © Widuri Putri via Unsplash

• Didi Sumedi selaku Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, baru-baru ini melakukan pelepasan ekspor gula kelapa asal Banyumas senilai Rp 16 miliar.

• Muhammad Najib selaku Duta Besar RI untuk Spanyol, berharap agar ekspor kali ini bisa menjadi motivasi para pelaku usaha lain, sehingga bisa memicu pertumbuhan ekspor di pasar global.

Didi Sumedi selaku Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, baru-baru ini melakukan pelepasan ekspor gula kelapa asal Banyumas senilai Rp 16 miliar. Kegiatan ekspor yang dilakukan langsung ke Spanyol ini dilepas dari Banyumas, Jawa Tengah, pada Senin (13/12). Diketahui bahwa ekspor ini difasilitasi oleh Atase Perdagangan Madrid dilakukan oleh CV Realsa Natura Indonesia dengan melakukan kerjasama bersama perusahaan Four Trade B.V dari Spanyol.

Acara pelepasan ekspor kali ini dihadiri langsung oleh Dita Besar RI untuk Spanyol Muhammad Najib, Duta Besar RI untuk Belgia merangkap Luksemburg dan Uni Eropa Andri Hadi, Atase Perdagangan Madrid Novitas SARI, Atase Perdagangan Belanda Sabbat Sirait, dan CEO Four Trade BV Fahad Attamimi, dan perwakilan dari CV Realsa Natural Indonesia.

“Saya mengapresiasi upaya pelaku usaha Indonesia dan Atase Perdagangan Indonesia Madrid yang sudah membuka akses pasar bagi produk Indonesia secara langsung ke pasar Spanyol. Saya berharap pelepasan ekspor kali ini dapat menjadi preseden untuk terus meningkatkan ekspor Indonesia ke Spanyol tidak hanya untuk produk gula kelapa saja,” ujar Didi.

Didi menuturkan, bahwa ekspor gula kelapa ini nantinya akan dilakukan secara berkelanjutan, dari kesepakatan yang ada, setiap tahunnya mereka akan mengirim sebanyak 24 kontainer gula kelapa.

Setelah sampai di Spanyol, gula kelapa ini akan dipasarkan oleh salah satu perusahaan ritel terbesar di Spanyol yang memiliki 6.000 cabang.

“Kami berharap nilai dan jumlah pemesanan akan terus meningkat seiring dengan semakin tingginya permintaan konsumen di Spanyol nantinya. Selain itu, kami mengimbau para pelaku usaha agar tetap menjaga kualitas dan terus meningkatkan daya saing karena peluang peningkatan ekspor sudah terbuka lebar. Para pelaku usaha juga harus terus berupaya memenangkan kepercayaan konsumen Spanyol,” kata Didi.

Muhammad Najib selaku Duta Besar RI untuk Spanyol, berharap agar ekspor kali ini bisa menjadi motivasi para pelaku usaha lain, sehingga bisa memicu pertumbuhan ekspor di pasar global.

“Semoga hal yang baik ini dapat disusul oleh produk-produk Indonesia yang lain,” tutur Najib.