freightsight
Jumat, 19 April 2024

INFO INDUSTRI

Kemendag Jamin Bahan Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadhan

10 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah yang akan berlangsung mulai akhir Maret 2023.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pada masing-masing daerah untuk menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok penting menjelang Ramadhan.

"Untuk menjamin ketersediaan bahan pokok, tentu kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan berharap sinergi yang baik," ujarnya pada Kamis (8/3/2023).

Jerry menuturkan upaya koordinasi dengan pemerintah daerah tersebut bertujuan menjaga kelancaran rantai pasokan dan rantai distribusi agar berjalan dengan baik tanpa kendala, terutama saat periode menjelang datangnya bulan suci Ramadhan tersebut.

Menurut Jerry, rantai pasok yang lancar dapat menjamin harga bahan kebutuhan pokok menjadi lebih terkendali. Ia pun berharap agar harga bahan kebutuhan pokok dapat terkendali, sehingga tidak akan terlalu tinggi saat sampai di tangan pedagang.

"Kami memastikan rantai pasokannya karena kan itu bisa mempengaruhi harga. Dengan skema yang baik, begitu sampai ke pedagang harganya jadi tidak akan terlalu tinggi," katanya.

Di samping itu, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menjaga agar tidak ada penimbunan barang kebutuhan pokok penting menjelang Ramadhan. Mengingat fenomena timbun seperti itu sangat marak terjadi ketika fenomena Hari Besar. Ia pun berharap, ketersediaan bahan pokok mencukup kebutuhan masyarakat selama Ramadhan.

"Intinya kami berkoordinasi agar tidak ada penimbunan dan lainnya. Mudah-mudahan dalam menyambut bulan yang suci ini kita bisa memastikan ketersediaan aman dan juga harganya stabil," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Jerry juga mengecek sejumlah harga bahan kebutuhan pokok penting di Pasar Oro-Oro Dowo, Kota Malang. Pada pengecekan tersebut ada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga, namun juga ada yang mengalami penurunan.

"Saya melihat langsung, memang ada beberapa bahan pokok yang mengalami fluktuasi. Ada yang naik, ada yang turun juga," kata Jerry.

Jerry menjelaskan sejumlah bahan kebutuhan pokok penting yang mengalami penurunan tersebut di antaranya adalah harga daging sapi yang turun dari sebelumnya Rp150 ribu per kilogram menjadi Rp135 ribu per kilogram.

Harga daging ayam, lanjutnya, mengalami penurunan dari sebelumnya Rp35 ribu menjadi Rp27 ribu per kilogram. Sementara untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga dibanding pekan lalu, diantaranya adalah cabai merah keriting dari Rp42 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram.

Kemudian, cabai rawit merah dari Rp62 ribu naik menjadi Rp75 ribu per kilogram, cabai merah besar dari Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, dan bawang putih dari Rp27 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

"Untuk cabai ada yang Rp75 ribu per kilogram. Namun, kenaikan saat ini masih dalam tahap wajar, mudah-mudahan bisa ditekan supaya tidak mengalami peningkatan," katanya.

Untuk bahan kebutuhan pokok berupa minyak goreng Minyakita, di Pasar Oro-Oro Dowo dijual oleh pedagang sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14 ribu per liter dan Rp15.500 per kilogram.