freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Kemacetan Parah Terjadi di Akses ke Tanjung Priok, Tapi Belum Diketahui Penyebabnya

9 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kemacetan

High Angle Shot of Colorful Trucks © Tom Fisk via ...

• Hari ini, diketahui terjadi kemacetan parah pada akses jalan menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

• Sebelum ini di media sosial beredar sebuah sosial yang menunjukkan ada kemacetan panjang akibat antrean truk kontainer. Dalam video tersebut juga disebutkan kemacetan yang terjadi berlokasi di jalur menuju Pelabuhan JICT Tanjung Priok.

Hari ini, diketahui terjadi kemacetan parah pada akses jalan menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Panjangnya antrean kendaraan yang terjadi menyebabkan jalanan mandek dan berimbas pada penghambatan arus lalu lintas.

Dedy Hermanto selaku Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut, Operasi, dan Usaha Kepelabuhan, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, menyampaikan bahwa kemacetan yang terjadi adalah karena ada kepadatan pada kendaraan di luar pelabuhan.
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang ada, lokasi kemacetan ada di Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara mengarah ke Pelabuhan Tanjung Priok.

"Benar terjadi kemacetan. Kemacetan terjadi karena kepadatan di luar pelabuhan. Infonya di Cilincing," kata Dedy, Rabu (8/12/2021).

Namun, sampai saat ini Dedy masih mengatakan bahwa pihaknya mencari tahu penyebab pasti dari kemacetan yang terjadi. Yang pasti, kepadatan kendaraan masih terjadi sampai saat ini dan berlangsung di luar pelabuhan.

Ia juga menyebutkan beberapa upaya yang dilakukan oleh pihaknya untuk mengurangi kemacetan adalah dengan melakukan pengaturan antrean truk di dalam pelabuhan yang akan keluar dengan memasukan sementara ke buffer area atau JICT 2.

"Selain itu koordinasi dengan stakeholder terkait juga dilakukan," imbuhnya.

Sebelum ini di media sosial beredar sebuah sosial yang menunjukkan ada kemacetan panjang akibat antrean truk kontainer. Dalam video tersebut juga disebutkan kemacetan yang terjadi berlokasi di jalur menuju Pelabuhan JICT Tanjung Priok.