freightsight
Sabtu, 27 April 2024

PELABUHAN

Benchmark Pembangunan Smart Port di Indonesia Akan Dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok

30 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pembangunan pelabuhan

Port Construction © doukasnik via Pixabay

• Kemenko Marves, menyampaikan Pelabuhan Tanjung Priok akan menjadi benchmark pelabuhan pintar atau smart port di Indonesia.

Nantinya setelah Pelabuhan Tanjung Priok juga akan ada tiga pelabuhan lain yang sangat potensional untuk bisa dikembangkan menjadi pelabuhan pintar (smart port).

Ayodhia Kalake selaku Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), menyampaikan Pelabuhan Tanjung Priok akan menjadi benchmark pelabuhan pintar atau smart port di Indonesia.

Sampai saat ini upaya pengembangan transformasi Pelabuhan Tanjung Priok agar menjadi smart port masih terus dilakukan.

"Saat ini kami sedang dalam proses untuk melakukan benchmarking untuk digital dan smart port di Tanjung Priok yang nantinya akan direplikasi ke semua pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo," kata Ayodhia dalam diskusi virtual bertajuk Sweden-Indonesia Sustainability Partnership Week (SISP) 2021, Selasa (23/11/2021).

Tujuan dari dilakukannya pengembangan smart port adalah agar konektivitas di area pelabuhan bisa semakin maksimal. Selain itu, diharapkan pula hal ini akan menjadi dukungan penerapan sistem transportasi cerdas (smart transportation).

"Semua pelabuhan laut di Indonesia akan menjadi smart port atau pelabuhan cerdas yang akan mendukung sistem transportasi cerdas," ujarnya.

Ayodhia menyampaikan pelabuhan di Indonesia yang ada di bawah naungan pelat merah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) (Persero) menjadi terminal kontainer dengan lalu lintas paling padat ke 9 di dunia.

Melihat fakta yang ada, maka tentunya perlu adanya peningkatan pengelolaan agar operasional pelabuhan ke depan bisa berjalan dengan maksimal.

"Pada saat ini kita juga sedang berusaha meningkatkan pengelolaan dan efektifitas dari pengelolaan pelabuhan-pelabuhan kita," ucapnya.

Nantinya setelah Pelabuhan Tanjung Priok juga akan ada tiga pelabuhan lain yang sangat potensional untuk bisa dikembangkan menjadi pelabuhan pintar (smart port**italic text). Ketiga pelabuhan yang dimaksud adalah Pelabuhan Belawan yang berlokasi di Sumatera Utara, Pelabuhan Teluk Lamongan di Jawa Timur, dan Pelabuhan Kuala Tanjung berserta kawasan industrinya di Sumatera Utara.

"Dengan meningkatnya konektivitas di pelabuhan maka distribusi barang juga akan menjadi semakin baik," pungkasnya.