freightsight
Jumat, 3 Mei 2024

PENGIRIMAN LAUT

Kelebihan Kapasitas Picu Perang Tarif di Antara Para Liner, Demikian Peringatan Pimpinan Evergreen

6 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via loadstar

Ketua Evergreen memperingatkan dengan banyaknya pengiriman kapal mega-box yang baru dibangun pada awal tahun ini, operator kapal dapat melihat kembalinya perang tarif.

Sejak awal tahun, SCFI telah mengalami kontraksi lebih dari 2% dari titik tertingginya di awal tahun 2022.

Ketua Evergreen, Chang Yen-i, telah memperingatkan bahwa dengan banyaknya pengiriman kapal mega-box yang baru dibangun pada awal tahun ini, operator kapal di sini pun dapat melihat kembalinya perang tarif sebelum pandemi, jika konsumsi gagal mengimbangi pertumbuhan kapasitas.

Chang di sini pun juga berbicara pada perayaan Tahun Baru Imlek Asosiasi Nasional Pemilik Kapal China pada hari Rabu.

Evergreen sendiri sudah punya 49 kapal dengan 463.442 teu yang sedang dibangun, tetapi pemimpin pasar MSC memiliki buku pesanan terbesar dengan 133 kapal dengan lebih dari 1,8 juta teu yang sedang dibangun, diikuti oleh Cosco (884.272 teu), CMA CGM (816.476 teu).

Chang mengatakan kepada asosiasi pemilik kapal de facto Taiwan bahwa: "Setelah dua tahun mendapatkan keuntungan yang luar biasa, industri kapal sekarang juga sedang menghadapi tiga tantangan. Yang pertama yaitu terkait dengan perlambatan perdagangan internasional dan ekonomi global; yang kedua adalah penurunan tarif pengangkutan peti kemas; dan yang ketiga, banyaknya kapal baru yang sedang dibangun."

Sejak awal tahun, di sini pun Shanghai Containerised Freight Index (SCFI) juga telah mengalami kontraksi lebih dari 2% dari titik tertingginya di awal tahun 2022, dengan rute Asia-AS pantai barat dan Asia-Eropa yang mengalami penurunan terbesar.

Chang mengatakan bahwa: "Jika ekonomi tidak dapat mengimbangi pertumbuhan pasokan pengiriman, mungkin operator kapal akan memulai perang harga, yang merupakan situasi yang paling tidak menyenangkan bagi industri kami, kecuali kami dapat menyesuaikan kapasitas secara signifikan. Jika perang harga terus berlanjut, mungkin akan sulit bagi pendapatan dari jalur trans pasifik, Asia-Eropa dan jalur penting lainnya untuk menghindari penurunan di bawah level impas. Bahkan perusahaan pelayaran kecil pun bisa mengalami kerugian.

"Jika perang Rusia-Ukraina berakhir, diharapkan dapat meredakan inflasi dan krisis energi dan [akan] merangsang pasar untuk kembali ke konsumsi normal, yang merupakan hal terpenting bagi industri pelayaran."

Chang, seorang pelaut ahli yang berkualifikasi, ditunjuk sebagai chairman Evergreen pada Bulan Oktober 2020, setelah bekerja di perusahaan ini selama 30 tahun.

Ketua Yang Ming, Cheng Cheng-mount yang juga menghadiri acara tersebut di sini juga sudah mengatakan kepada para jurnalis bahwa tidak ada tanda-tanda yang kuat dari pemulihan ekonomi. Dia berkata, "Meskipun China telah meninggalkan kebijakan nol-Covid-19 dan bertindak untuk menstabilkan ekonominya, kita dapat melihat bahwa throughput di terminal peti kemas tidak signifikan, sehingga masih harus dilihat kapan efek pencabutan pembatasan pandemi akan meningkatkan ekonomi."