freightsight
Kamis, 2 Mei 2024

DOMESTIK

Kadin dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Menghadirkan Solusi Rantai Pasok Perikanan Tangkap

22 Agustus 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kadin

Dokumentasi via promediateknologi.com

Indonesia ini adalah salah satu Negara Maritim yang memang di dalamnya memiliki potensi Ekonomi Maritim yang sangat luar biasa.

Produk perikanan tangkap sangatlah unik dari perspektif pengusaha karena memang harga produk yang ada di pasar Internasional hanya dapat ditentukan oleh mutu produk itu saja bukan hal yang lainnya.

Indonesia ini adalah salah satu Negara Maritim yang di dalamnya memiliki potensi Ekonomi Maritim yang sangat luar biasa. Salah satu potensi ekonomi yang besar dari Indonesia ini adalah dari sub sektor perikanan.

Besarnya sub sektor perikanan yang ada di Indonesia salah satunya adalah perikanan tangkap, bahkan sampai dengan saat ini pun dapat dirasakan masih belum juga optimal.

Produk perikanan tangkap ini tentu memang sangatlah unik dari perspektif pengusaha karena memang harga produk ini terutama yang ada di pasar Internasional memang hanya dapat ditentukan oleh mutu produk itu saja bukan hal yang lainnya.

Hal ini tentu saja memang sangat ditentukan oleh kualitas penanganan mulai dari sejak penangkapan, penyimpanan, pengolahan, pengangkutan dan juga penyerahan.

Akbar Djohan selaku Kepala Badan Logistik dan Rantai Pasok Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di sini mengatakan bahwa efektivitas dan efisiensi tata kelola rantai pasok produk perikanan tangkap ini tentu memang sangat bisa menentukan aksesibilitas dan akseptabilitas produk ke pasar baik itu pasar domestik atau mungkin pasar internasional.

Dengan ini Badan Logistik dan Rantai Pasok sepakat bersama Wakil Ketua Umum Perikanan Kadin Indonesia demi melakukan pemetaan juga mengurai permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku usaha di bidang yang satu ini.

CEO Krakatau International Port (KIP) ini pun juga telah mengungkapkan dalam acara focus Group Discussion (FGD) tentu dapat merangkul semua pihak dari pemerintah bersama kementerian, akademis bahkan hingga pelaku usaha.

Untuk dapat mencari solusi dengan memetakan permasalahan secara lebih komprehensif sekaligus mendapat informasi mengenai arah kebijakan pemerintah tentang dengan peningkatan performa produk perikanan tangkap yang ada di Indonesia.

Dengan cara bagaimana untuk membahas tuntas tentang produksi dan produktivitas perikanan tangkap tentu saja konektivitas dan infrastruktur pendukung berikut proses bisnis sejak dari proses penangkapan bahkan sampai dengan penyerahan ke pasar ini adalah termasuk regulasi yang dapat mengatur sehingga ini bisa saja menghasilkan solusi yang bisa dibilang termasuk regulasi.

Terakhir Akbar di sini pun juga mengatakan bahwa memang dengan adanya FGD ini tentu harapannya bahwa seluruh pemangku kepentingan bisa saja memahami dan ikut berkomitmen demi melakukan perbaikan dengan bidangnya sehingga ini pun yang nantinya bisa menghasilkan langkah program aksi nyata demi perbaikan produk perikanan tangkap domestik juga pasar internasional.