freightsight
Jumat, 1 Maret 2024

TEKNOLOGI

Jokowi Gandeng Perusahaan Jerman Bangun Pabrik Cip di Indonesia

19 Juni 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kerja Sama Jerman dan Indonesia

Dokumentasi via liputan6.com

Jokowi berharap pabrik yang dimaksud itu nantinya menjadi bagian dari rantai pasok global.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Jerman untuk meningkatkan investasi di industri berteknologi tinggi seperti pabrik cip semikonduktor untuk mendukung rantai pasok kendaraan bermotor.

Pasalnya menurut Jokowi, sejauh ini komponen tersebut baru dikuasai beberapa negara saja sehingga rantai pasok global sangat bergantung terhadapnya. Jika terjadi krisis seperti dua tahun belakangan maka dampaknya akan terlalu besar.

"Saya mengajak industri Jerman untuk mengembangkan pabrik semikonduktor di Indonesia," katanya dalam konferensi pers bersama Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier pada Kamis (16/6/2022).

Ia berharap, pabrik yang dimaksud itu nantinya menjadi bagian dari rantai pasok global. Mengingat pasar di wilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia sangatlah besar pada sektor otomotif.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menawarkan investasi di sektor industri hijau kepada Jerman khususnya kendaraan bermotor listrik.

"Saya sampaikan kembali tawaran kepada Jerman untuk membangun Jerman Industrial Quarter di salah satu kawasan industri Indonesia," ujarnya.

Selain menyoroti investasi, Jokowi dan Steinmeier juga membahas beberapa agenda lain, di antaranya seperti kerja sama pengembangan sumber daya manusia untuk industri 4.0.

Menurut Jokowi, Indonesia akan kembali menjadi Official Partner Country dari Hannover Messe pada 2023 yang merupakan pameran industri perdagangan terbesar di dunia dengan topik utama perkembangan industri.

Kedua pemimpin turut membahas kerja sama untuk mengatasi perubahan iklim. Jokowi mengapresiasi dukungan Jerman dalam pembangunan Inisiatif Infrastruktur Hijau senilai 2,5 miliar euro dan pembangunan pusat mangrove dunia yang baru saja diresmikan beberapa waktu lalu.

"Saya juga mendorong penguatan kerja sama mengatasi dampak perang di Ukraina, khususnya untuk pangan dan energi, serta terkait kerja sama di kawasan Indo-Pasifik," tutur Jokowi.

"Saya kembali tekankan pentingnya arsitektur kawasan secara inklusif yang mengedepankan kolaborasi, bukan pembendungan atau containment dalam spirit kerja sama multiralisme dan perdamaian," lanjut dia.

Secara terpisah, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita turut menyampaikan, dalam pertemuan round table antara pelaku bisnis Jerman dan Indonesia, akan dibahas peluang-peluang kerja sama, terutama di bidang industri.

“Kami melihat bahwa peluang kerja sama di sektor manufaktur yang dapat dikembangkan oleh Indonesia dan Jerman meliputi industri semikonduktor, produksi vaksin, serta pengembangan industri 4.0,” jelasnya.

Dalam hal pengembangan industri 4.0, dalam penyelenggaraan pameran industri terbesar Hannover Messe 2022 beberapa waktu lalu, telah ditandatangani MoU antara Kemenperin dengan Deutsche Messe Technology Academy (DMTA) di bidang pengembangan SDM industri dan transformasi industri 4.0.

“Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pengembangan Smart Industry Academy di Indonesia,” jelas Menperin.

Presiden Republik Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier melakukan lawatan kenegaraan ke Indonesia pada 15-17 Juni 2022.

Dalam rangkaian kunjungannya, Presiden Steinmeier menghadiri beberapa agenda terkait pengembangan kerja sama industri antara Jerman-Indonesia, termasuk dalam hal pengembangan digitalisasi, infrastruktur, dan sustainability.