freightsight
Kamis, 8 Juni 2023

PENGIRIMAN DARAT

Jaga Kelancaran Arus Barang, JTCC Berikan Tambahan Diskon Tarif

15 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via voi.id

Penambahan diskon tarif tol JTCC ini merupakan bentuk dukungan Perusahaan untuk memberikan solusi yang tepat dalam mengurai kemacetan lalu lintas distribusi barang,

Dalam rangka meningkatkan kelancaran arus barang guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, penambahan diskon tarif Jalan Tol Cibitung Cilincing (JTCC) akan diberlakukan mulai tanggal 12 Mei 2023 pukul 00.00 WIB sampai dengan 30 Juni 2023 pukul 00.00 WIB.

"Pemberian penambahan diskon tarif ini adalah salah satu langkah SPSL yang merupakan bagian dari Pelindo group, dalam rangka menunjang kelancaran arus logistik dan merupakan salah satu upaya bersama dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi, penguatan rantai pasok dan ekosistem logistik,” kata Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL, Joko Noerhudha, pada Jumat (12/5/2023).

Menurut Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-2023 tercatat sebesar 5,03% (yoy), sedikit meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 5,01% (yoy).

Dari sisi produksi, Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 15,93 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, Komponen Ekspor Barang dan Jasa mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 11,68 persen. Hal ini menandakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah perlambatan ekonomi global.

Joko Noerhudha menambahkan bahwa kedepannya juga akan dilakukan pengembangan akses yang akan menghubungkan terminal Kalibaru, Tanjung Priok dengan JTCC dan pada ruas JTCC juga direncanakan akan dibangun rest area & logistic hub untuk memfasilitasi kegiatan logistik yang terintegrasi di dalam satu kawasan.

Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen korporasi untuk memberikan solusi logistik terbaik dan terdepan yang terintegrasi guna mendorong laju perdagangan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Komitmen ini tentunya didukung dengan sistem dan peralatan bongkar muat yang terkini dan infrastruktur lengkap yang berada di kawasan pelabuhan.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Tollways atau PT CTP, Ari Sunaryono, menyampaikan pemberlakuan perpanjangan dan penambahan diskon tarif tol JTCC ini merupakan bentuk dukungan Perusahaan untuk memberikan solusi yang tepat dalam mengurai kemacetan lalu lintas distribusi barang, memastikan arus barang tetap lancar dan aman, mendorong perekonomian sekitar, serta sebagai salah satu bentuk pelayanan dan apresiasi Perusahaan bagi pengguna jalan tol.

Besaran tarif ini juga berlaku untuk rute sebaliknya JTCC memakai sistem transaksi tertutup, pengguna diwajibkan memakai kartu e-toll yang sama Beroperasinya JTCC diharapkan dapat mempercepat mobilitas barang, terutama adalah barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian utara dan kawasan-kawasan logistik di Karawang dan Bekasi menuju pelabuhan yang berada di wilayah Jakarta Utara.

Konektivitas yang lebih baik ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh kendaraan. Tentu saja perbaikan waktu tempuh kendaraan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor, serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan pengguna jalan sebagai alternatif akses jalan dari dan menuju destinasi di sekitar Bekasi dan DKI Jakarta.