freightsight
Jumat, 26 April 2024

INFO INDUSTRI

Pelindo Mulai Sediakan Fasilitas Kelancaran Distribusi Barang

12 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via envato.com

Pelindo bisa melayani seluruh jenis barang atau kargo selama memiliki fasilitas dan peralatan.

Pelindo sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan sudah seyogyanya menyediakan beberapa fasilitas dan peralatan pelabuhan.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Kendari merupakan salah satu pengelola Pelabuhan Umum Kendari yang bisa melayani seluruh jenis barang atau kargo selama memiliki fasilitas dan peralatan.

Hal tersebut juga disampaikan oleh General Manager Regional 4 Kendari, Capt. Suparman yang menanggapi pemberitaan terkait Polemik tambang pasir Nambo di Kendari yang santer diberitakan beberapa pekan terakhir ini

Kata Suparman, Pelindo sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan sudah seyogyanya menyediakan beberapa fasilitas dan peralatan pelabuhan untuk kelancaran kegiatan distribusi barang yang ada di pelabuhan.

“Itu sudah merupakan tugas Pelindo sebagai BUMN penyedia jasa kepelabuhanan,” katanya dalam release tertanggal 10 Mei 2023.

Namun, sebagai penyedia jasa kepelabuhanan, Suparman di sini menegaskan bahwa pihaknya bukanlah perusahaan bongkar muat atau PBM yang menangani pelaksanaan pemuatan pasir tersebut ke atas kapal. “Terkait kisruh tambang pasir Nambo di Kendari, Pelindo tidak bertindak sebagai PBM,” tegasnya.

Pelindo lanjut dia juga tidak memiliki kewenangan untuk bisa menjustifikasi tentang legalitas muatan atau kargo yang ada di pelabuhan. Hal tersebut bukan merupakan ranah pihaknya.

“Sejauh ini kami juga belum menerima penyampaian secara tertulis dari pihak manapun tentang legal atau ilegal kegiatan penambangan pasir Nambo di Kendari,” pungkasnya.

Diketahui secara umum bahwa PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Pelindo adalah mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

Pelindo di sini pun juga menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci untuk bisa menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai,

Pelindo di sini pun juga berperan dalam menggerakkan perekonomian serta mendorong pertumbuhan ekonomi Nasional.