freightsight
Rabu, 28 September 2022

PENGIRIMAN UDARA

Inkop TKBM Pelabuhan Yakin RI Akan Jadi Poross Maritim Dunia

28 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan indonesia

© via pelindo.co.id

• Belum lama ini, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Induk Koperasi (Inkop) Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan, menghasilkan kesepakatan yang memberikan jaminan untuk keberlangsungan hidup koperasi agar bisa mewujudkan Indonesia jadi Poros Maritim Dunia.

• Ahmad Zabadi selaku Deputi Bidang Perkoperasian Kemenko UKM, juga menyampaikan hal yang sama bahwa Kemenkop dan UKM akan terus memfasilitasi pengembangan koperasi TKBM menjadi entitas bisnis yang modern.

Belum lama ini, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Induk Koperasi (Inkop) Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan, menghasilkan kesepakatan yang memberikan jaminan untuk keberlangsungan hidup koperasi agar bisa mewujudkan Indonesia jadi Poros Maritim Dunia. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Umum Inkop TKBM Pelabuhan, M Nasir di depan beberapa puluh perwakilan dari 206 Pelabuhan di Indonesia.

“Demi mewujudkan Indonesia maju, maka Inkop TKBM adalah bagian dari penopang ekonomi kerakyatan di Indonesia. Bahkan saya yakin kedepannya bangsa ini akan menjadi Poros Maritim Dunia,” ujar Nasir dalam keterangannya, Senin (20/12/2021).

Salah satu bentuk nyata eksistensi Inkop TKBM Pelabuhan adalah melakukan penolakan terhadap dicabutnya surat keputusan bersama (SKB) Dua Dirjen dan Satu Deputi Tahun 2011 Tentang Penataan dan Pembinaan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan.

“Kami akan menolak soal pencabutan SKB itu. Bahkan kami akan lakukan mogok massal jika pemerintah tetap melakukannya. Bisa dibayangkan dampak yang akan terjadi. Ini bukan ancaman, tetapi ketegasan kami sebagai penggerak perekonomian kerakyatan,” tegas Nasir.

Meskipun sebelumnya, Kemenhub dan Kemenaker menyampaikan bahwa pencabutan SKB Dua Dirjen dan Satu Deputi Tahun 2011 hanyalah sebuah wacana, akan tetapi Nasir mengatakan bahwa gelombang yang ditembuskannya ke Inkop TKBM Pelabuhan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, setlah memberikan pukulan psikologis yang cukup berat, dan profesionalisme penataan koperasi.

Ahmad Zabadi selaku Deputi Bidang Perkoperasian Kemenko UKM, juga menyampaikan hal yang sama bahwa Kemenkop dan UKM akan terus memfasilitasi pengembangan koperasi TKBM menjadi entitas bisnis yang modern.

"Ini juga sekaligus bentuk realisasi SKB 2 Dirjen dan 1 Deputi Tahun 2011 Tentang Penataan dan Pembinaan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan," kata Zabadi.