freightsight
Kamis, 2 Mei 2024

DOMESTIK

Ini Strategi KKP dalam Upaya Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional

25 Juli 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ekonomi Nasional

Mentri KKP via kkp.go.id

KKP mencoba menerapkan strategi pemulihan ekonomi nasional dalam penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) berlangsung di Kalimantan Selatan, Juli 2022.

Gernas BBI menjadi salah satu bagian dari peningkatan akses pasar untuk bisa mendukung tiga program prioritas pembangunan KKP yang berbasis inovasi juga teknologi yang menuju ekonomi biru berkelanjutan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mencoba menerapkan strategi pemulihan ekonomi nasional dalam penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) berlangsung di Kalimantan Selatan, Juli 2022.

Sakti Wahyu Trenggono selaku Menteri Kelautan dan Perikanan menyatakan bahwa berbagai strategi pemulihan ekonomi yang telah diterapkan KKP dalam Gernas BBI Kalsel merupakan digitalisasi UMKM, hilirisasi industri juga ekonomi hijau atau ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Beliau juga mengemukakan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan amanah Kepres Nomor 15 Tahun 2021 sekaligus merespon pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Paripurna DPR RI, 16 Agustus 2021, di mana terdapat tiga strategi besar pemulihan ekonomi nasional sebagaimana yang telah dipaparkan di atas.

Menteri Trenggono juga mengungkapkan bahwa Gernas BBI pun menjadi salah satu bagian dari peningkatan akses pasar untuk bisa mendukung tiga program prioritas pembangunan KKP yang berbasis inovasi juga teknologi yang menuju ekonomi biru berkelanjutan.

"KKP mendukung penuh program Gernas BBI melalui hashtag #PasarLautIndonesia dengan melaksanakan berbagai kegiatan," ungkap Menteri Trenggono, Sabtu, 23 Juli 2022.

Melalui program Gernas BBI ini, Menteri Trenggono juga memastikan KKP telah melakukan kurasi UMKM terpilih untuk bisa mengikuti program pendampingan, pembinaan branding serta fasilitasi promosi hingga dengan peningkatan kemampuan akses pasar yang ada di pasar lokal dan juga menuju ekspor.

Pada tahun 2022, KKP juga telah berkolaborasi dengan Pemprov Kalsel dan Bank Indonesia perwakilan Kalsel dalam melaksanakan program tersebut.

"Sebuah kebanggaan bagi KKP untuk mengadakan kegiatan Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Kalimantan Selatan," ungkap Menteri Trenggono.

Artati Widiarti selaku Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) di sini juga memaparkan bahwa hingga saat ini sudah terdapat 62.389 unit UMKM yang di dalamnya mencakup berbagai jenis usaha pengolahan ikan.

Selama Gernas BBI Kalsel, KKP bersama Pemprov Kalsel serta Bank Indonesia perwakilan Kalsel melakukan pembinaan juga pendampingan UMKM dalam kegiatan produksi, manajemen usaha, promosi serta pemasaran.

Kemudian fasilitasi promosi juga pemasaran produk UMKM unggulan melalui website, medsos, e-commerce, marketplace, serta yang ada di ruang terbuka publik. Para UMKM di sini pun juga ikut serta dilibatkan dalam pelatihan general dan on boarding yang bekerjasama dengan Shopee dan Gojek.

"Kita lakukan juga pembinaan dan pendampingan UMKM unggulan siap ekspor; dan melaksanakan kampanye Gernas BBI Kalsel," ungkap Artati.