freightsight
Senin, 20 Mei 2024

DOMESTIK

Indramayu Berhasil Sumbang Produksi Perikanan Terbesar untuk Jawa Barat

2 Agustus 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ekspor Ikan

Ilustrasi Produksi Ikan via poskomalut.com

Kabupaten Indramayu kini berhasil menjadi penyumbang produksi perikanan terbesar untuk Jawa Barat.

Produksi perikanan tangkap dan budidaya di tahun 2020 di Kabupaten Indramayu mencapai hingga 484.366,10 ton.

Kabupaten Indramayu kini berhasil menjadi penyumbang produksi perikanan terbesar untuk Jawa Barat. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Barat juga telah memberikan apresiasi pada capaian tersebut.

Edi Umaedi selaku Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu menjelaskan bahwa produksi perikanan tangkap dan budidaya pada tahun 2021 di Kabupaten Indramayu mencapai 526.793,03 ton dan Jawa Barat 1.513.594,02 ton.

Sementara itu, kontribusi produksi perikanan Kabupaten Indramayu ke nasional pada tahun 2021 mencapai hingga 2,73 persen, dan kontribusi ke Provinsi Jawa Barat mencapai 34,80 persen.

Bukan hanya produksi perikanan, Kabupaten Indramayu juga telah mencatatkan peningkatan produksi garam terbesar. Pada tahun 2021, produksi garam yang ada di Kabupaten Indramayu mencapai 70.647,51 ton dan Jawa Barat 127.142,81 ton.

Dengan capaian produksi tersebut, kontribusi garam Kabupaten Indramayu ke nasional pada tahun 2021 mencapai 6,47 persen dan kontribusi ke Provinsi Jawa Barat mencapai hingga 55,57 persen.

‘’Alhamdulillah, ini merupakan kebahagiaan atas prestasi para pelaku usaha perikanan seperti nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam, pengolah dan pemasar hasil perikanan,’’ ungkap Edi, Ahad (31/7/2022).

Berdasarkan data dari Diskanla Kabupaten Indramayu, produksi perikanan tangkap dan budidaya di tahun 2020 di Kabupaten Indramayu mencapai hingga 484.366,10 ton. Sedangkan produksi garam rakyat pada tahun 2020 yang ada di Kabupaten Indramayu mencapai 37.071,89 ton.

Edi menyatakan bahwa atas keberhasilan meningkatkan sektor perikanan dan garam di Kabupaten Indramayu dan kontribusinya untuk Jawa Barat, DKP Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi pada Bupati Indramayu, Nina Agustina juga Diskanla Kabupaten Indramayu.

Apresiasi tersebut tertuang dalam Surat DKP Provinsi Jawa Barat 5388/KPG.11.01/DKP Perihal Ucapan Terima kasih kepada Bupati Indramayu dan Diskanla Kabupaten Indramayu terkait kontribusinya dalam pencapaian produksi perikanan dan garam terbesar di Jawa Barat Tahun 2022.

Dalam surat tersebut disampaikan harapan supaya Diskanla Kabupaten Indramayu bisa melanjutkan program dan kegiatan dalam upaya peningkatan produksi perikanan dan garam.

‘’Ada piagam penghargaannya, untuk Bupati Indramayu dan Diskanla Kabupaten Indramayu,’’ terang Edi.

Edi mengungkapkan bahwa Pemkab Indramayu terus bersinergi serta berkolaborasi dengan Pemprov Jawa Barat dan Pemerintah Pusat berupaya memfasilitasi teknologi perikanan juga kelautan. Bukan hanya itu, fasilitasi juga diarahkan pada sarana dan prasarana perikanan dan kelautan, akses permodalan serta pemasaran.

Hal tersebut dimaksudkan supaya produksi perikanan dan garam serta olahannya bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan secara berkelanjutan. Diharapkan, hal tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan dan kelautan.

“Terima kasih, kami sampaikan pada Pemprov Jawa Barat atas penghargaan yang diberikan kepada kami di Indramayu, semoga menjadi motivasi untuk berkarya lebih baik,’’ tandas Edi.