freightsight
Minggu, 19 Mei 2024

EKSPOR

Indonesia Ekspor 50 Ribu Bola ke Eropa

17 Juni 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ekspor Bola

Ekspor Bola via Pemda Jatim

Indonesia memproduksi 50.000 bola untuk diekspor ke Amerika Serikat, Jerman, Uni Emirat Arab, Inggris dan Brazil.

Indonesia memproduksi 50.000 bola untuk diekspor ke Amerika Serikat, Jerman, Uni Emirat Arab, Inggris dan Brazil. PT Global Way Indonesia (GWI) Kabupaten Madiun dipercayakan untuk memproduksi puluhan ribu bola tersebut.

Bola ini juga akan digunakan saat gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar dan bola yang diekspor ini diberi nama Al Rihla.

"Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, tapi Timnas Indonesia juga bisa berlaga. Aamiin ya rabbal alamin," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melepas 50.000 buah bola piala dunia ke lima negara, dikutip dari keterangan resmi pada Kamis (16/6/2022).

Adapun kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 1 juta bola dalam setahunnya.

Diketahui, pelepasan ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah bersama Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro dan General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo.

“Alhamdulillah hari ini kita bersama melepas ekspor bola kelima negara. Kelima negara tersebut kualitas sepak bolanya diakui dunia. Kita semua bahagia dan bangga bahwa dari Bumi Kampung Pesilat Kabupaten Madiun menghadirkan produksi bola kualitas piala dunia dan siap dilepas ekspor,” jelasnya.

Dia berharap capaian tersebut bisa menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi di seluruh Jawa Timur serta menjadi referensi dan gravitasi bagi sektor industri lainnya.

Apalagi Jawa Timur tengah gencar memacu kebangkitan ekonomi yang sempat terkontraksi akibat Pandemi Covid-19.

"Terima kasih karena saya diberi kesempatan untuk menyaksikan bahwa dari kampung pesilat kabupaten Madiun ini melalui Global Way Indonesia telah diberi kepercayaan oleh Adidas untuk menyiapkan bola pada FIFA World Cup 2022 di Qatar. Ini kesempatan luar biasa," ucapnya.

"Produksi GWI seratus persen ekspor. Mudah-mudahan bisa menjadi bagian dari pengungkit pertumbuhan ekonomi di Madiun serta Jawa Timur," tambahnya.

Dia menambahkan jika dalam gelaran Piala Dunia tahun 2022 bola resminya diproduksi di Indonesia ia berharap pada momentum piala dunia selanjutnya Timnas Indonesia juga ikut main.

Secara terpisah, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro mengatakan kehadiran Gubernur Khofifah mampu menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Madiun untuk bekerja lebih baik lagi.

Dia mengaku mengetahui bahwa GWI memproduksi bola untuk internasional dan memiliki pabrik dengan standar internasional.