freightsight
Rabu, 28 September 2022

PENGIRIMAN UDARA

Garuda Indonesia Buka Rute Baru Untuk Layanan Kargo ke Saigon Vietnam

3 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

pesawat garuda

Pesawat Garuda Indonesia via /Pixabay/Fariz Priand...

• PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) memilih untuk memperluas jaringan kargo mereka di manca negara. Kali ini mereka membuka jalur kargo khusus ke Saigon.

• Lebih lanjut lagi, Irfan mengatakan bahwa melakukan optimalisasi pengiriman kargo internasional memiliki arti penting untuk pemulihan kinerja Garuda Indonesia.

PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) memilih untuk memperluas jaringan kargo mereka di manca negara. Kali ini mereka membuka jalur kargo khusus ke Saigon, Vietnam, dengan menggunakan rute penerbangan Makassar – Singapura – Saigon – Jakarta.

Layanan rute tersebut sudah mulai resmi melakukan layanan mulai 15 Desember 2021 lalu, dengan menggunakan armada Airbus A330-300. Rute ini melayani penerbangan dengan jadwal 1 kali dalam seminggu.

Perluasan konektivitas layanan kargo yang dilakukan oleh Garuda Indonesia karena sejalan dengan adanya potensi perdagangan antara Indonesia dan Vietnam, yang mana sebelumnya telah menunjukkan adanya potensi menjanjikan, yang mana 3 tahun ke belakang nilai perdagangan kedua negara meningkat secara berkala sampai lebih dari 66 persen.

Irfan Setiaputra selaku Direktur Utama Garuda Indonesia, menyampaikan perluasan jaringan penerbangan yang lakukan ke Vietnam ini adalah langkah berkelanjutan yang diambil oleh Garuda Indonesia dalam melakukan pemaksimalan potensi direct call antara kedua negara untuk berbagai macam komoditas unggulan nasional, beberapa produk tersebut misalnya, garmen, furniture, suku cadang, bahkan juga komoditas kemaritiman.

Penerbangan awal layanan kargo menuju Saigon, Vietnam, tersebut dilayani dengan melakukan penerbangan charter yang berangkat dari Makassar menuju Singapura pada pukul 15.15 LT, lalu melanjutkan penerbangan menuju Saigon dari Singapura pada pukul 19.55 Lt, lalu tiba di Saigon pada pukul 21.20 Lt.

"Perluasan konektivitas rute khusus kargo ini merupakan salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan terus kami optimalkan, selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang kami proyeksikan akan terus tumbuh ke depannya,” ujar Irfan dalam siaran persnya, Sabtu (18/12/2021).

Irfan juga mengatakan bahwa dengan adanya komitmen tersebut maka Garuda Indonesia sampai kuartal III/2021 berhasil mencatatkan peningkatan trafik angkutan kargo internasional hingga 90 persen, apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Lebih lanjut lagi, Irfan mengatakan bahwa melakukan optimalisasi pengiriman kargo internasional memiliki arti penting untuk pemulihan kinerja Garuda Indonesia.