freightsight
Senin, 23 Mei 2022

INFO INDUSTRI

Gabung Metaverse, Kadin Dorong Produk Indonesia Tampil Internasional

11 Mei 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Produk Metaverse

Ketua Kadin via arsjadrasjid.com

Teknologi metaverse dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk Indonesia baik melalui pameran maupun ekspos virtual yang pada akhirnya mampu meningkatkan transaksi perdagangan berskala internasional.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan hadir di metaverse melalui kolaborasi digital dengan WIR Group, perusahaan teknologi augmented reality di Asia Tenggara.

Mengutip dalam siaran resminya pada Selasa (10/5/2022), kehadiran Kadin dalam metaverse akan membawa organisasi ini semakin adaptif dan kompetitif dalam kemajuan teknologi serta mendorong terwujudnya dunia usaha Indonesia yang kuat dan berdaya saing tinggi.

Kerja sama ini diteken oleh Ketua Umum Kadin Indonesia M. Arsjad Rasjid P.M., dan Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group Daniel Surya di Jakarta. Arsjad mengatakan, kesepakatan kerja sama pengembangan metaversi dengan WIR Group merupakan upaya mewujudkan transformasi digital yang dilakukan oleh Kadin agar dapat menyelaraskan diri dengan perkembangan teknologi di era digital global.

"Teknologi digital metaverse ini memungkinkan Kadin menjadi motor penggerak perekonomian nasional yang dinamis menghadirkan inovasi dan kreatifitas melalui pemanfaatan teknologi tinggi," kata Arsjad.

Menurutnya, teknologi metaverse dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk Indonesia baik melalui pameran maupun ekspos virtual yang pada akhirnya mampu meningkatkan transaksi perdagangan berskala internasional.

"Salah satu terobosan yang dapat dilakukan adalah menghadirkan produk-produk hasil pengusaha dalam display virtual melalui metaverse yang dapat dikunjungi calon buyer. Kegiatan buyer meet seller melalui platform metaverse akan menjadi suatu terobosan penting bagi promosi yang praktis dan ekonomis," papar Arsjad.

Selain itu, anggota Kadin daerah juga dapat menggunakan platform metaverse untuk memasarkan produk-produknya. Dengan mengadopsi teknologi metaverse, Arsjad mengatakan bahwa pengusaha-pengusaha daerah dapat lebih adaptif dan kreatif terhadap perubahan tren perdagangan melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Kami berharap, kehadiran Kadin di metaverse dapat mewujudkan ekosistem dagang di Indonesia yang sehat dan dinamis, mendorong pemerataan kesempatan usaha yang seluas-luasnya bagi dunia usaha, meningkatkan peran pembangunan nasional di bidang ekonomi, dan membuka jalur dagang produk usaha Indonesia ke pasar luar negeri," ucapnya.

Sementara, Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group, Daniel Surya menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan kepercayaan yang diberikan Kadin kepada WIR Group dalam mengembangkan platform metaverse.

"Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Kadin yang memberikan kesempatan untuk menjadi narasumber sekaligus menampilkan platform metaverse yang sedang kami persiapkan untuk ajang B20 nanti. Harapan kami, pengembangan metaverse ini dapat mendorong organisasi maupun lembaga lain untuk mengikuti jejak Kadin dalam meningkatkan ekosistem metaverse yang kuat dan beragam," katanya.

"Selain itu, metaverse juga dapat menjadi akselerator transformasi digital dan pengembangan ekonomi digital yang direncakan pemerintah guna menyejahterakan perekonomian bangsa Indonesia," tutup Daniel.