freightsight
Jumat, 3 Februari 2023

PENGIRIMAN DARAT

Dua Forwarder Eropa Dirikan Perusahaan Pelayaran Karena Sulit dapat Space

16 Februari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Forwarder laut

Shipping Forwarder via morethanshipping.com

• Sulit dapatkan space kapal dan tingginya tarif pengiriman, mendorong dua Freight Forwarder Inggris, Universe dan Itali, Rifline menjalankan usaha shipping.

• Pengembangan ke usaha pelayaran oleh dua forwarder tentunya dilakukan menggabungkan anak perusahaan untuk mengoperasikan layanan kapal.

Sulitnya mendapatkan space atau slot kapal serta tingginya tarif pengiriman (freight rare) justru mendorong dua Freight Forwarder Inggris, Universe dan Itali, Rifline, mulai menjalankan usaha shipping. Hal ini tentunya dilakukan demi menjamin ketersediannya space atau slot bagi para pelanggannya.

Hampir sama seperti perusahaan forwarding lainnya, Universe dan Rifline sebelumnya juga menjalankan kegiatan shipping bersifat sementara (ad-hoc) dengan system charter. Hanya saja, target pasar yang semakin ketat yang ditandai dengan sulitnya mendapatkan slot serta tarif yang memang sudah semakin tak terkendali termasuk harga sewa kapal charter. Dari hal tersebut mendorong kedua forwarder ini melangkah lebih jauh dengan mendirikan usaha shipping.

Pengembangan ke usaha pelayaran oleh dua forwarder ini tentunya dilakukan dengan menggabungkan anak perusahaan untuk dapat mengoperasikan layanan kapal. Tak hanya itu, karena juga berharap bisa untuk jangka panjang menjadi perusahaan pelayaran secara penuh.

Didirikan pada 1284 oleh mantan karyawan Ellerman Lines lain Liddell, universe mampu menghidupkan kembali nama Ellerman untuk kembali memulai shipping antara China dan Inggris pada Desember 2021. Ellerman Lines didirikan pada tahun 1892, pada puncak kejayaan Kerajaan Inggris dan memulai menderita kerugiannya dengan dekolonisasi dan containerisasi setelah perang dunia II. Untuk saat ini, perusahaan tersebut sudah tidak beroperasi lagi. Universe sendiri menciptakan anak perusahaan yaitu Ellerman City Liners untuk mengoperasikan layanan shipping dan dicap sebagai UniOcean Lines. Dan perusahaan pun telah memproduksi kontainer dengan corak UniOcean.

Untuk layanan pertama UniOcean dimulai pada 7 Desember 2021 ketika kapal sewanya Buxhansa 2.464 TEU yang meninggalkan pelabuhan Ningbo China pada 7 Desember 2021 dan kemudian tiba di Tilbury pada 12 Januari 2022. Perusahan ini kemudian menyewa Cape Helllas 1.756 TEU yang baru saja dibangun dari pemilik Yunani Cape Shipping untuk pelayanan keduanya yang memuat peti kemas dari pelabuhan TaiCang dan Ningbo China pada pertengahan Desember 2021 lalu tiba di Tilbury pada 24 Januari 2022. Bukan hanya itu saja, UniOcean juga telah mencarter Mona Lisa 3.534 TEU dan SC Maria 5.060 TEU. Keempat kapal tersebut rupanya juga telah disewa untuk dua hingga tahun ke depan.

Di samping itu, Rifline telah menggabungkan Kalypso Compagnia di Naviazione untuk bisa mengoperasikan layanan perkapalan antara TaiCang dan Teluk Dachan sebagai sub-pelabuhan Shenzen di China dan pelabuhan Italia Salerno dan Civitavecchia yang menggunakan tiga kapal sewaan berkapasitas 1.100 TEU hingga 1.800 TEU.