freightsight
Sabtu, 4 Februari 2023

PENGIRIMAN DARAT

Di Cirebon Akan Dibangun Kawasan Industri Seluas 4.100 Hektare

29 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kawasan industri

Electric Towers during Golden Hour © Pixabay via P...

• Ke depan, di Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon akan dilakukan pembangunan kawasan industri yang luasnya 4.100 hektare.

• Joko Prabowo selaku Direktur PT KIC, menyampaikan alasan pembangunan kawasan industri di Kecamatan Losari adalah karena wilayah tersebut dinilai memiliki kemudahan akses, baik jalur darat, maupun laut.

Ke depan, di Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon akan dilakukan pembangunan kawasan industri yang luasnya 4.100 hektare. Mengingat hal tersebut, diharapkan masyarakat nantinya tidak akan menaikkan harga di luar standar untuk kebutuhan kawasan tersebut.

Hal ini diketahui dalam rapat rencana pembangunan kawasan industri, yang dilakukan di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Selasa (21/12). Yang mana, rapat tersebut dipimpin langsung oleh Imron Rosyadi, selaku Bupati Cirebon.

Dalam rapat tersebut, Imron secara terang-terangan juga mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik adanya rencana PT Kawasan Industri Cirebon (KIC) yang akan melakukan pembangunan kawasan industri di Kecamatan Losari. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa adanya kawasan industri ini nantinya akan mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan upaya melakukan percepatan penanganan kemiskinan.

“Kami meminta masyarakat di Kecamatan Losari yang berniat menjual tanah untuk lokasi kawasan industri tidak menaikkan harga di luar standar,” kata Imron.

Selain itu, Imron juga menyampaikan harapannya pada seluruh investor yang melakukan ekspansi ke Cirebon agar nantinya tetap memperhatikan kondisi lingkungan. Imron menyampaikan bahwa beberapa Wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur, terdapat beberapa titik yang sering terkena banjir, entah karena banjir rob dari Laut Jawa, maupun karena luapan sungai.

"Konsultasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup," tukas Imron. PT KIC berencana membangun kawasan industri di wilayah Kecamatan Losari, yang merupakan perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Joko Prabowo selaku Direktur PT KIC, menyampaikan alasan pembangunan kawasan industri di Kecamatan Losari adalah karena wilayah tersebut dinilai memiliki kemudahan akses, baik jalur darat, maupun laut. Selain itu, wilayah tersebut juga merupakan bagian dari segitiga emas Rebana.

"Kabupaten Cirebon di wilayah timur masuk ke dalam proyek strategis. Ini menjadi salah satu alasan kami," cetus Joko.