freightsight
Jumat, 19 April 2024

DOMESTIK

Demi Permudah Rantai Pasok RI, 25 Sentra Pangan akan Segera Dibangun

13 Juli 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Rantai Pasok Pangan

ECF via bisnis.com

Ada sebanyak 25 sentra pangan setelah panen pada Eden Collection Facility (ECF) milik Eden Farm ditargetkan akan dibangun tahun ini.

ECF sendiri adalah sentra komoditas pascapanen Eden Farm dimana hasil panen dari para mitra tani ini akan diterima dan disortir untuk nantinya dikirimkan ke Eden Fulfilment Center (EFC).

25 sentra pangan setelah panen pada Eden Collection Facility (ECF) milik Eden Farm ditargetkan akan dibangun tahun ini. Pembangunan fasilitas tersebut sangat diharapkan bisa mempermudah rantai pasokan pangan yang ada di Indonesia.

“Kami menargetkan 25 ECF di sepanjang tahun 2022 bisa di bangun, untuk menyederhanakan jalur distribusi rantai pasok pangan. Serta menjaga kestabilan supply dan demand, untuk menjangkau dan memberdayakan lebih banyak petani," ungkap Tyara Putri selaku Corporate Communication Manager Eden Farm, Selasa (12/7/2022).

Dengan banyaknya ECF dibangun sangat diharapkan bisa berkontribusi lebih besar dalam menggerakkan roda perekonomian pedesaan. Karena hasil panen petani dapat langsung diserap juga didistribusikan kepada para konsumen.

ECF sendiri adalah sentra komoditas pascapanen Eden Farm dimana hasil panen dari para mitra tani ini akan diterima dan disortir untuk nantinya dikirimkan ke Eden Fulfilment Center (EFC). Sehingga ini bisa memenuhi permintaan pelanggan Eden Farm yang ada di seluruh Pulau Jawa.

Saat ini Eden Farm sudah mengoperasikan 7 ECF tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah juga Jawa Timur. Di antaranya adalah ECF Caringin, ECF Sumedang, ECF Cipanas, ECF Pangalengan, ECF Brebes, ECF Temanggung dan ECF Nganjuk.

Di samping itu, dalam rangka merayakan Idul Adha 1443 H, startup rantai pasok pangan B2B, Eden Farm juga mendonasikan belasan hewan kurban untuk para komunitas tani yang ada di sekitar Eden Collection Facility (ECF).

“Kami bersyukur dalam kesempatan Idul Adha kali ini kami dapat berbagi dengan masyarakat setempat, khususnya komunitas tani, melalui penyaluran donasi hewan kurban sebanyak 15 ekor yang telah diterima dengan baik oleh perwakilan dari komunitas di sekitar ECF Caringin, ECF Temanggung dan ECF Nganjuk,” ujar Tyara Putri,

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Eden Farm terhadap komunitas tani melalui donasi hewan kurban pada kesempatan Idul Adha di tahun ini, semoga menjadi berkah bagi kita semua,” ujar Ade Yusuf mitra petani ECF Temanggung yang menerima donasi hewan kurban dari Eden Farm. Arif budianto.