freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Demi Berantas Pungli di Pelabuhan Pelindo Bersinergi Dengan Beberapa Stakeholder

29 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Upaya logistik pelabuhan

Cargo Ship © PublicDomainPictures via Pixabay

• Berbagai upaya terus dilakukan oleh pihak PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3, untuk memberantas keberadaan pungli di pelabuhan.

• M. Tohir selaku Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Tanjung Emas, di kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya untuk upaya Pelindo dalam melakukan pencegahan indikasi praktik pungli di pelabuhan yang ada di bawah naungan Pelindo.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh pihak PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3, untuk memberantas keberadaan pungli di pelabuhan. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah dengan mengajak kerjasama beberapa pihak di lingkup pelabuhan agar bisa terus aktif melaporkan penyalahgunaan dan praktik pungli yang terjadi.

Ardhy Wahyu Basuki selaku Regional Head 3 Pelindo, juga menyampaikan bahwa ini adalah upaya dari pihaknya untuk bisa menghadirkan layanan yang prima dan maksimal tanpa adanya praktek pungli. Pihak Pelindo mengharapkan semua pihak yang mereka ajak bekerja sama bisa melakukan sinergi, dan saling mengawasi dan melaporkan masalah pungli dan gratifikasi melalui sistem pelaporan Whistleblowing System milik Pelindo.

"Kami memiliki tekad dan komitmen penuh dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa kami salah satunya adalah layanan bebas dari pungli," ujar Ardhy dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021).

"Namun kami sadar tentunya kami tidak bisa berjalan sendiri. Oleh karenanya di kesempatan yang luar biasa ini kami meminta untuk semua pihak membantu mengawasi dan melaporkan kepada kami melalui Whistleblowing System Pelindo jika di lapangan ditemukan praktek-praktek yang dirasa janggal," imbuhnya

Hal ini secara langsung disampaikan ketika kegiatan coffee morning yang dilakukan oleh Pelindo dan beberapa stakeholder yang ada di pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pada Rabu (24/11/21).

M. Tohir selaku Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Tanjung Emas, di kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya untuk upaya Pelindo dalam melakukan pencegahan indikasi praktik pungli di pelabuhan yang ada di bawah naungan Pelindo. Di sisi lain, ia juga berharap bahwa upaya ini ke depan bisa terus ditingkatkan, dan berjalan dengan kondusif.

"Kiranya pelayanan di pelabuhan yang sudah baik dapat ditingkatkan lagi dan hal-hal yang memerlukan perbaikan dapat dibuatkan skala prioritas," tuturnya.

Teguh Arif Handoko selaku perwakilan asosiasi pengguna jasa yakni ALFI/ILFA, juga sependapat dengan Tohir, ia juga berharap agar Pelindo bisa meningkatkan pelayanan, baik dari sisi operasional maupun upaya pencegahan praktik pungli serta gratifikasi. Menurut pandangannya langkah-langkah ini cukup tepat untuk mengurangi biaya logistik yang harus dikeluarkan oleh para pengguna jasa.