freightsight
Jumat, 1 Maret 2024

TEKNOLOGI

ALFI Menilai Kinerja Logistik Akan Dorong Pemulihan Ekonomi

2 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kegiatan logistik kontainer

Container Loading in Rotterdam © Bernd Dittrich vi...

Yuki Nugraha selaku Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengungkapkan bahwa kinerja dari logistik yang semakin efisien akan mendorong pemulihan dan tumbuhnya aktivitas ekspor impor Indonesia.

“Pertumbuhan dari (kinerja layanan logistik) tersebut juga ditopang kian efisiennya layanan ekspor impor di pelabuhan-pelabuhan utama maupun bandar udara (Bandara) di Indonesia,” kata Yukki melalui keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Senin (25/10/2021).

Dengan adanya Implementasi National Logistic System (NLE) diyakini juga akan mendorong kinerja logistik secara nasional pada masa mendatang. Selain itu NLE juga akan mempercepat proses ekspor impor dan kegiatan delivery order.

“ALFI berkomitmen terus mendukung sepenuhnya implementasi NLE karena dengan platform logistik terpadu seperti itu semua layanan proses bisnis logistik ekspor impor dapat terintegrasi dengan semua pihak terkait,” ujarnya.

Diharapkan bahwa kondisi ini nantinya akan terus berlanjut, karena dengan demikian kemungkinan target pertumbuhan ekonomi tahun ini yang diharapkan oleh pemerintah akan bisa terwujud.

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari-September 2021, nilai ekspor total Indonesia sebesar USD164,29 miliar yang disumbang ekspor nonmigas sebanyak 94,63 persen dengan kontribusi terbesar dari industri pengolahan (77,73 persen), diikuti pertambangan (15,08 persen) serta pertanian, kehutanan, dan perikanan (1,82 persen),” bebernya

Nilai impor yang ada pada periode di atas adalah, USD 139,22 dengan nilai terbesarnya adalah dari bahan baku yang sebesar 75,50 persen. Kemudian modal sebesar 14,37 %, dan konsumsi sebesar 10,13 %.

Nilai tersebut di yakini akan mampu mendorong pergerakan logistik nasional. Selain itu, ALFI juga menegaskan bahwa mereka akan siap terus membantu mendorong pergerakan ini, demi meningkatkan oportunity.

"Dengan demikian pertumbuhan pada ekspor impor tersebut juga otomatis mendorong kinerja sektor logistik nasional, ALFI akan terus mendorong para pelaku jasa logistik nasional untuk siap meningkatkan new opportunity melalui adaptasi, inovasi, kolaborasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM)" pungkasnya dalam keterangan yang sama.