freightsight
Jumat, 3 Februari 2023

PENGIRIMAN DARAT

DAMRI Resmi Buka Trayek Perintis di Lampung

23 Februari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

DAMRI

DAMRI. - Kementerian BUMN via ekonomi.bisnis.com

• DAMRI resmi layani trayek angkutan perintis di Lampung. Layanan tersebut adalah salah satu bentuk penugasan dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

• Proyek DAMRI ini diperkirakan akan melayani lebih dari 300 rute perintis yang mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan menurunkan lebih dari 502.500 unit armada bus atau pengoperasian 350.000 perjalanan.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri menuturkan penugasan tersebut merupakan bagian dari peran yang dilaksanakan oleh DAMRI sebagai bentuk dukungan terhadap konektivitas transportasi darat di Indonesia melalui berbagai rute. Bahkan hingga menjalar daerah terdepan, terluar, terpencil, hingga perbatasan (3TP).

Sepanjang tahun ini, proyek DAMRI ini diperkirakan akan melayani lebih dari 300 rute perintis yang mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan menurunkan lebih dari 502.500 unit armada bus atau pengoperasian 350.000 perjalanan (rit).

"DAMRI akan terus mendukung layanan angkutan perintis di Indonesia untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah lainnya guna meningkatkan perkembangan transportasi dan mobilitas kemasyarakatan di wilayah tersebut," kata Siti seperti dikutip dalam siaran resmi pada Rabu (16/2/2022).

Siti mengatakan, layanan perintis yang dilakukan DAMRI di wilayah Lampung dipastikan dapat memenuhi kebutuhan aktivitas masyarakat khususnya terhadap transportasi darat yang aman dan terjangkau.

Adapun rute yang dilalui yakni rute Rajabasa - Margomulyo, dengan tarik jauh-dekat yang dikenakan sebesar Rp5.000. Jadwal keberangkatan yang disediakan adalah setiap hari dari Pool DAMRI Rajabasa pada pukul 06.30, 07.30, 08.30, 10.30, dan 11.30 WIB. Pemesanan tiket bisa dilakukan dengan datang langsung ke loket keberangkatan Pool DAMRI Rajabasa.

Sementara itu rute sebaliknya yaitu dari Margomulyo - Rajabasa dengan tarif yang sama. Jadwal keberangkatan tersedia setiap hari mulai dari titik awal Lapangan Bola Margomulyo pada pukul 08.30, 09.30, 10.30, 12.30, dan 13.30 WIB.

Pemesanan tiket bisa dibeli langsung dari Toko Sobari yang terletak di depan Lapangan Sepak Bola Margomulyo. Informasi lebih lanjut terkait pemesanan tiket dapat menghubungi petugas pelayanan DAMRI melalui nomor telepon 08117915553.

Melalui layanan perintis, diharapkan DAMRI dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat terhadap transportasi darat guna menunjang distribusi produk-produk lokal dan mengurangi biaya logistik angkutan barang.

"Kami berharap layanan perintis ini dapat terus berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan kolektivitas, aksesibilitas, dan memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan 3TP," tutup Siti.