freightsight
Jumat, 3 Mei 2024

INFO INDUSTRI

Cirebon Targetkan Ekspor Hingga 50 Juta Dolar AS Tahun Ini

25 Maret 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ekspor Cirebon

Pelabuhan Cirebon via ANTARA/Dedhez Anggara

Disperdagin Cirebon menargetkan nilai ekspor Cirebon 2022 mencapai 50 juta dolar AS.

Pada 2020 saja ekspor dari Kabupaten Cirebon ini memang sempat mengalami keterpurukan pada triwulan 1 sampai 2 yaitu dari bulan Januari hingga Juni.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon telah menargetkan bahwa nilai ekspor di Kabupaten Cirebon pada tahun ini mencapai hingga 50 juta dolar AS.

Dadang Suhendra selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon mengatakan bahwa target ekspor pada 2022 ini juga telah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya senilai 45 juta dolar AS.

"Jika pada tahun ini ekspor kita memang terus tumbuh dan juga tidak terlalu terganggu oleh pandemi Covid-19," ungkap Dadang di Kabupaten Cirebon pada Senin (21/3/2022).

Dadang juga mengatakan bahwa furnitur juga kerajinan rotan rupanya memang masih mendominasi ekspor yang ada di Kabupaten Cirebon tersebut.

Dadang juga menambahkan selain rotan ada juga ekspor tertinggi juga dari sektor pengolahan ikan juga benang, tetapi rotan tetap menjadi unggulan yang utama dalam nilai ekspor.

"Negara tujuan ekspor dari Kabupaten Cirebon rupanya hampir merata seperti negara yang berada di Amerika, Eropa, dan Asia," ungkap Dadang.

Pada 2020 saja ekspor dari Kabupaten Cirebon ini memang sempat mengalami keterpurukan pada triwulan 1 sampai 2 yaitu dari bulan Januari hingga Juni.

Hal tersebut juga karena beberapa negara tujuan di Amerika, Asia, dan Eropa memberlakukan kebijakan lockdown.
Keterpurukan itu juga baru mulai sirna pada Juli 2020 dan para pelaku UMKM industri rotan di Kabupaten Cirebon justru sudah mulai mendapatkan pesanan dari banyak negara tujuan.

Dari catatan Kementerian Perdagangan Indonesia ada diperingkat ketiga negara pengekspor furnitur terbesar di sebesar 6,11 persen di bawah Tiongkok 45,15 persen, Vietnam 12,49 persen.

Nilai ekspor produk rotan Indonesia pada periode Januari hingga Agustus telah tercatat sebesar 357,16 juta dolar AS. Dan nilai tersebut rupanya naik 4,35 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya yang didominasi dikirim ke Amerika Serikat.