freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

PELABUHAN

Car Terminal Pelabuhan Patimban Pada Pekan Ini Akan Mulai Beroperasi

21 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Car terminal

© via Ditjen Hubla Kemenhub

• Pengoperasian Car Terminal di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, akan dimulai pada pekan ini.

• Sebagai informasi Pelabuhan Patimban sendiri merupakan cikal bakal kawasan industri dan perkotaan bari di Jawa Barat, dengan nama Rebana Metropolitan.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan menyatakan bahwa operasional dari Car Terminal di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, akan mulai mereka lakukan pada pekan ini, atau lebih tepatnya pada Jumat, 17 Desember 2021.

Melalui perkembangan yang dilakukan tersebut besar harapannya aktivitas pada perkapalan kendaraan bermotor buatan Indonesia ke luar negeri akan bisa meningkat. Meskipun demikian, memang belum ada lagi informasi lebih rinci mengenai hal tersebut, misalnya seperti batas kapasitas angkut atau volume.

"Terealisasinya operasional Car Terminal guna mengoptimalkan Pelabuhan Patimban dan saya sangat mengapresiasi ke konsorsium PT Pelabuhan Patimban Indonesia dan Toyota Tsusho Corporation (TTC)," kata dia, Rabu (15/12/2021).

Pada kesempatan yang sama Menhub juga mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, yang mana mereka melakukan pembahasan lebih lanjut soal kesiapan operasional Car Terminal di Pelabuhan Patimban, Subang.

Tidak hanya itu saja, Budi Karya juga membeberkan bahwa pihak Jepang memiliki ketertarikan untuk berpartisipasi pada proyek infrastruktur Proving Ground yang berada di Balai Pengujian Lain jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, Jawa Barat.

"Keberhasilan Patimban akan menjadi pertimbangan penting bagi kami atas adanya rencana TTC untuk berpartisipasi pada proyek Proving Ground," jelasnya.

Kanasugi Kenji, dalam kesempatan yang sama juga mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk bisa terus memaksimalkan pemanfaatan Pelabuhan Patimban, sehingga bisa menarik investasi dari para pengusaha otomotif.

"Kami berharap Pelabuhan Patimban yang telah dibangun bisa sukses dan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi di Indonesia," katanya.

Sebagai informasi Pelabuhan Patimban sendiri merupakan cikal bakal kawasan industri dan perkotaan baru di Jawa Barat, dengan nama Rebana (Cirebon, Subang, Patimban, dan Kertajati) Metropolitan.

Kawasan industri ini nantinya akan mencakup enam kabupaten dan satu kota Cirebon, dengan jantung pertumbuhan kawasannya terletak di Kawasan Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati.