freightsight
Jumat, 3 Februari 2023

PENGIRIMAN DARAT

Bisnis KAI Pada Tahun Ini Bertumpu Pada Angkutan Barang

17 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kereta logistik

Kereta angkutan via KAI

• Di samping dalam upaya memulihkan sektor penumpang, pihak PT Kereta Api Indonesia/KAI (KAI) pada tahun ini juga asih akan tetap bertumpu pada angkutan barang.

• Lebih lanjut lagi, Joni juga mengatakan bahwa angkutan batu bara adalah salah satu yang masih sangat diandalkan oleh KAI pada sektor logistik di tahun lalu,

Di samping dalam upaya memulihkan sektor penumpang, pihak PT Kereta Api Indonesia/KAI (KAI) pada tahun ini juga asih akan tetap bertumpu pada angkutan barang. Selain itu, KAI juga yakin bisa menumbuhkan kinerja dari sektor optimalisasi aset untuk menopang kinerja KAI secara berkelanjutan.

Hal di atas sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Hubungan Masyarakat KAI, Joni Martinus, pada Rabu (12/01/22). Joni juga menuturkan harapannya agar ada tahun 2022 ini bisa menjadi tahun kebangkitan KAI dengan terus menorehkan keuntungan dan kinerja yang bisa terus positif dari berbagai sektor yang mereka miliki, utamanya adalah dari sektor angkutan barang.

Hal di atas tentunya bukan diaktakan tanpa alasan, karena nyatanya pada tahun lalu sektor angkutan barang KAI berhasil menorehkan catatan positif. Yang mana, berdasarkan catatan yang ada, pada tahun lalu sektor angkutan barang KAI berhasil menapai 50,9 juta ton, atau naik sebanyak 12,7 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020 yang hanya mengangkut sebanyak 45,1 juta ton barang.

“Pada 2021, di mana pandemi COVID-19 masih mewabah, KAI terus mengoptimalkan angkutan barang dengan cara terus berkolaborasi, melakukan rekayasa pola operasi, serta mencari mitra-mitra baru. Peningkatan kinerja angkutan barang KAI juga dipicu oleh perekonomian yang semakin membaik,” ujar Joni.

Lebih lanjut lagi, Joni juga mengatakan bahwa angkutan batu bara adalah salah satu yang masih sangat diandalkan oleh KAI pada sektor logistik di tahun lalu, yakni capaian angkutan mereka adalah sebesar 39, juta ton atau mengusai sebanyak 77,1 persen dari total keseluruhan angkutan barang dilakukan oleh KAI pada tahun 2021.

Selain batu bara, tentunya ada pula beberapa komoditas lain yang juga menompang baiknya kinerja sektor angkutan barang KAI, diantaranya adalah angkutan petikemas dengan volume total 4,1 juta ton atau 8 persen dari total angkutan barang, serta angkutan semen yang memakan volume 3,4 juta ton atau sebanyak 6,8 persen dari total angkutan KAI.