freightsight
Jumat, 1 Maret 2024

TEKNOLOGI

Beri Kemudahan Pengusaha, ALFI Luncurkan Layanan Logistik Berbasis IT

26 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ilustrasi Teknologi Logistik via coverwallet.com

ALFI Logistic Ecosystem ini bertujuan untuk memenuhi para pelaku usaha forwarder dan logistik mengenai transporter/trucking, pergudangan, freight kapal, kepelabuhanan dan lainnya.

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menyediakan wadah digital layanan logistik berbasis IT yang disebut ALFI Logistic Ecosystem dan akan terintegrasi dengan National Logistic Ecosystem (NLE). Layanan ALFI Logistic Ecosystem ini diluncurkan pada Kamis 22 September 2022 di Bekasi, Jawa Barat, dan turut dihadiri para pelaku usaha logistik anggota DPW ALFI Jawa Barat dan DPW ALFI DKI Jakarta maupun DPP ALFI. Ketua Pelaksana Harian Tim Teknis Pengembangan National Logistic Ecosystem (NLE), Agus Sudarmadi, juga turut menghadiri acara itu dan memberikan pemaparan terkait pengembangan digitalisasi dan teknologi dalam dunia logistik Indonesia saat ini.

Wakil Ketua Umum DPP ALFI bidang Logistik dan Rantai Pasok, Trismawan Sanjaya mengatakan, ALFI Logistic Ecosystem ini bertujuan untuk memenuhi para pelaku usaha forwarder dan logistik mengenai transporter/trucking, pergudangan, freight kapal, kepelabuhanan dan lainnya.
“Kedepannya juga akan diintegrasikan dengan NLE. Selain itu seluruh DPW ALFI di daerah-daerah juga akan kita upgrade websitenya dengan sistem ALFI Logistic Ecosystem tersebut,” ujar Trismawan.

Sementara itu, Ketua DPW ALFI DKI Jakarta Adil Karim mengatakan, saat ini sudah saatnya perlu sinergi dan kolaborasi dalam menghadirkan ekosistem logistik guna mendukung dan melengkapi program NLE yang sedang digalakkan Pemerintah RI.

“Gunanya membangun ekosistem itu untuk memudahkan anggota kita agar dapat terhubung secara digital dengan NLE demi kelancaran usahanya dan percepatan pengurusan arus barang,” ujar Adil.
Adil Karim mengungkapkan, ALFI Logistic Ecosystem itu saat ini berbasis website yang terkoneksi langsung dengan berbagai platform seperti; Andalin, i-truck dan tera marketplace. Bahkan ke depannya, platform tersebut akan terintegrasi dengan layanan perbankan maupun asuransi.

Adil mengemukakan, kolaborasi dengan platform Andalin yakni bertujuan untuk memudahkan pelaku logistik mendapat boking space dengan perusahaan pelayaran. Sedangkan tera marketplace untuk memudahkan layanan kerja sama agen pegudangan di dalam maupun luar negeri. Adapun dengan i-truck bertujuan untuk kemudahan boking layanan trucking tujuan pelabuhan dalam kegiatan ekspor-impor maupun pengiriman antarpulau/domestik.

“Pada prinsipnya semua itu sifatnya untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan logistik anggota ALFI,” paparnya.
Dia juga mengatakan, piloting ALFI Logistic Ecosystem, saat ini dilakukan di Jawa Barat dan DKI Jakarta, namun nantinya akan menyebar ke seluruh DPW di seluruh Indonesia.

“Bagi anggota ALFI yang hendak menggunakan platform di website tersebut dengan fitur yang sudah tersedia saat ini, gratis. Selain itu bisa menjadi ruang promosi bagi perusahaan anggota,” tutur Adil. National Logistic Ecosystem (NLE) adalah suatu hubungan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen international sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.
“Penerapan NLE merupakan salah satu upaya nyata pemerintah dalam mendorong program pemulihan ekonomi nasional,” ucap Adil Karim.