freightsight
Jumat, 26 April 2024

INFO INDUSTRI

Bandara Soekarno-Hatta Berlakukan Travel Bubble untuk Delegasi G20

1 Maret 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Bandara Soekarno Hatta

Bandara Soekarno Hatta via Wikipedia

• PT AP II (Persero) menyediakan hospitality lounge untuk mendukung penerapan travel bubble untuk para delegasi negara G20 di Indonesia.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyediakan hospitality lounge yang bertujuan untuk mendukung penerapan travel bubble bagi para delegasi negara G20.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, saat ini sudah dilangsungkan dua pertemuan di Jakarta dalam Presidensi Indonesia G20 pada 2022.

Seiring kebijakan ini, pengelola bandara menurunkan personel khusus untuk menyambut kedatangan delegasi, mendirikan hospitality lounge di bawah dukungan Bank Indonesia, dan menyediakan area untuk memperkenalkan kerajinan budaya Indonesia melalui penampilan khusus di jalur kedatangan para delegasi G20 di Terminal.

Agus menjelaskan, para delegasi yang turun dari pesawat akan langsung diarahkan menuju hospitality lounge sesuai prosedur. Hal ini guna memproses pemeriksaan berbagai dokumen seperti dokumen imigrasi dan Bea Cukai, kemudian pengambilan sampel PCR baru setelah itu menuju hotel.

"Para delegasi akan mengisi formulir digital melalui aplikasi Hore (Health Protocol Readiness). Sistem aplikasi Hore sudah terintegrasi dengan PeduliLindungi," kata Agus dalam siaran pers pada Kamis (17/2/2022).

Dalam pernyataannya, Agus mengatakan delegasi G20 sudah mulai tiba di Bandara Soekarno-Hatta sejak 13 Februari 2022. Proses kedatangan berlangsung lancar berkat dukungan dari berbagai pihak.

"Kedatangan delegasi negara G20 pada 13 sampai 16 Februari 2022 di Bandara Soetta sudah berlangsung lancar berkat kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak," ungkap Agus.

Sebagai informasi, Bandara Soekarno-Hatta menggelar penyambutan kedatangan delegasi G20 dari berbagai negara dan lembaga finansial serta lembaga global untuk menghadiri dua rangkaian pertemuan yang diselenggarakan di Jakarta dalam Presidensi Indonesia di G20 Tahun 2022.

Dua pertemuan itu merupakan pertemuan dengan Finance and Central Bank Deputies (FCBD) pada 15-16 Februari 2022 dan dilanjut dengan pertemuan Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) yang diadakan 17-18 Februari 2022.

Sementara itu, Kementerian Keuangan mengungkapkan total delegasi yang hadir secara fisik pada kedua pertemuan tersebut adalah 169 delegasi, sedangkan 216 delegasi lainnya menghadiri pertemuan secara daring.

Adapun pada November 2022 direncanakan akan digelar pertunjukkan seni budaya di area kedatangan internasional Terminal 3 untuk menyambut khusus kedatangan para delegasi G20.