freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

INFO INDUSTRI

Intip Persiapan Bandara Kualanamu, Jelang Dibuka Peberbangan Internasional

11 Oktober 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kuala Namu © SkyTrax via https://skytraxratings.co...

Setelah situasi di tengah pandemi semakin terkendali, kini pemerintah Indonesia mulai terus melakukan berbagai macam upaya untuk kembali normal, salah satunya adalah dengan melakukan pembukaan kembali penerbangan internasional di berbagai bandara, yang mana salah satunya akan dilakukan dalam waktu dekat, di bandara internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara.

Chandra Gumilar, selaku Manajer of Branch Communication And Legas PT Angaksa pura II (Persero) Bandara Internasional Kualanamu, menyatakan bahwa pihak mereka sampai saat ini masih menantikan instruksi lanjutan dari seluruh stake holder yang berkaitan dengan hal ini.

ÔÇ£pada prinsipnya kami siap mendukung terkait rencana kedatangan internasional di bandara Kualanamu. Saat ini masih menunggu arahan,ÔÇØ jelas Chandra, Selasa (5/10/2021)

PT Angkasa Pura II, melakukan kolaborasi dengan pihak kantor kesehatan pelabuhan kelas 1 Medan, Sumatera utama. Tidak hanya itu, mereka juga menggandeng satuan tugas covid 19, untuk melakukan antisipasi penyebaran virus covid 19.

Semua upaya di atas dilakukan karena mengikuti aturan yang ada pada surat edaran menteri perhubungan nomor 77 tahun 2021, tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan internasional dengan transportasi udara pada masa pandemi covid-19. Selama masa pandemi memang ada banyak sekali upaya yang dilakukan oleh semua pihak untuk segera memulihkan keadaan dengan aman.

Sebagaimana diketahui bahwa salah satu proses penormalan yang akan dilakukan oleh pemerintah adalah dengan melakukan pembukaan kembali penerbangan internasional mulai Oktober nanti. Beberapa bandara yang telah mendapatkan instruksi dari Luhut adalah Pemprov, Sumatera utama, dan Pemprov Bali.

Terkait instruksi yang diberikan oleh Luhut, pihaknya meminta agar mereka bisa melakukan koordinasi dengan pihak TNI dan Polri, dalam rangka persiapan tersebut.

"Kita harus mempersiapkan dengan matang pembukaan kedatangan internasional ini. Dan kita harus melihat kondisinya juga, kalau masih meningkat angka Covid-19 ini, saya rasa tidak bisa kita laksanakan pada bulan ini," kata Luhut, Sabtu (2/10/2021).

"Makanya itu saya minta dipersiapkan dengan baik terutama dari aspek kapasitas tes di Bandara, serta antisipasi kerumunan di Bandara nantinya," kata Luhut.

Bagikan artikel ini: