freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

PENGIRIMAN UDARA

Bandara Kualanamu Diprediksi Akan Saingi KLIA Sebagai Hub Internasional

13 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Bandara kualanamu

Bandara Kualanamu via goodnewsfromindonesia.id © S...

• Musa Rejeckshah selaku Wakil Gubernur Sumatera Utara, yakin bahwa Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utama, nantinya akan bisa menjadi pusat penerbangan internasional.

• Perlu diketahui pula bahwa perusahaan asal India, GMR Airports sudah terpilih menjadi mitra strategis pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang.

Musa Rejeckshah selaku Wakil Gubernur Sumatera Utara, yakin bahwa Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, nantinya akan bisa menjadi pusat penerbangan internasional sebagai pengganti dari Bandara K;IA Kuala Lumpur, Malaysia.

Keyakinan tersebut disampaikan setelah adanya diskusi dengan pihak Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaludin, pada Kamis (30/12). Ia meyakini bahwa Kualanamu nantinya akan menjadi airline hub bukan hanya di lingkungan nasional, amun juga internasional.

“Selama ini kita tahu kita sendiri mau berangkat ke luar selalu melalui Bandara Changi atau KLIA Malaysia, atau kita kembali lagi ke Jakarta. Ini kan akan memakan biaya, waktu,” kata Musa di Rumah Dinas Wakil Gubernur Sumatera Utara, Medan, Kamis (30/12).

Menurutnya, dengan adanya pengembangan pada Bandara Kualanamu maka akan akan memangkas cukup banyak pengeluaran masyarakat Sumatera Utara, baik dari segi transportasi maupun logistik untuk kebutuhan sehari-hari.

“Dan juga secara dampak ekonomi akan dengan bandara ini menerima pesawat asing lebih banyak, akan menjadi juga suatu hal yang baik pastinya dari mulai ground handling, fueling pesawatnya, dan lain-lain,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, namun juga proses dalam pengembangan Bandara Kualanmu yang secara rencana proyek nantinya akan menyerap cukup banyak tenaga kerja dan tentu saja ini berdampak baik untuk daerah sekitar.

"Kita berharap pembangunan ini sesuai rencana dan kerjasama ini terus berlanjut sesuai target kerja Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, dan Pemprov Sumatera Utara siap mendukung untuk ini," pungkas Musa.

Perlu diketahui pula bahwa perusahaan asal India, GMR Airports sudah terpilih menjadi mitra strategis pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang.

Pengembangan tersebut akan dilakukan dalam kurun waktu 25 tahun dengan nilai kesepakatan sebesar 6 miliar dolar Amerika, juga termasuk investasi dari mitra strategis setidaknya Rp 15 triliun.