freightsight
Rabu, 28 September 2022

PENGIRIMAN UDARA

Bandara Halim Perdanakusuma Akan Tutup, Lalu Penerbangan Akan Pindah ke Mana?

7 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Bandara Halim Perdanakusuma

Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Foto: flick...

• Dalam waktu dekat ini Bandara Halim Perdana Kusuma yang ada di Jakarta Timur akan ditutup.

• Sebelum ini, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa mulai 1 Januari nanti halim akan resmi ditutup untuk revitalisasi.

Dalam waktu dekat ini Bandara Halim Perdana Kusuma yang ada di Jakarta Timur akan ditutup. Mulai tanggal 1 Januari 2022 bandara ini akan direvitalisasi untuk sementara waktu.

Adita Irwati selaku Juru Bicara Kementerian, mengungkapkan bahwa akan ada Peraturan Presiden (Perpres) yang nantinya terbit dan melandasi pelaksanaan revitalisasi Bandara Halim. Sementara ini, pihak Kemenhub sedang menunggu pengesahan Perpres tersebut untuk bisa memulai revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma.

"Saat ini Kementerian Perhubungan menunggu proses pengesahan Perpres sebagai payung hukum pelaksanaan revitalisasi bandara Halim Perdanakusuma," ujar Adita saat, Minggu (26/12/2021).

Salah satu dampak yang akan sangat terasa dari penutupan Bandara Halim Perdanakusuma adalah terganggunya penerbangan sipil yang mana mau tidak mau akan dialihkan pada beberapa bandara terdekat, ketika revitalisasi ini dilakukan.

Pengalihan tersebut nantinya akan dilakukan pada 3 bandara terdekat, yakni di Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto.

"Pesawat udara sipil yang saat ini beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma akan dipindahkan operasionalnya ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto Curug," ungkap Adita.

Terkait dengan kapan kira-kira penerbangan akan dialihkan, Adita mengungkapkan bahwa hal tersebut kepastiannya masih harus menunggu penerbitan perpres. Jadi, hingga saat ini belum ada jadwal pasti untuk melakukan pemindahan penerbangan dari Halim.

"Perpindahan operasional pesawat udara sipil (yang operasi di Halim) akan dilaksanakan setelah diterbitkannya Perpres dimaksud," kata Adita.

Adita juga mengatakan bahwa revitalisasi ini dilakukan agar bisa meningkatkan pelayanan dan keselamatan penerbangan di Halim Perdanakusuma.

"Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan dan keselamatan penerbangan," ungkap Adita.

Sebelum ini, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa mulai 1 Januari nanti halim akan resmi ditutup untuk revitalisasi.

"Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari ini adalah perintah Bapak Presiden," kata Fadjar saat acara Press Tour and Media Gathering di Gedung Ardhya Loka, Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim, Rabu (22/12/2021).