freightsight
Kamis, 2 Mei 2024

INFO INDUSTRI

Audiensi Bahas Pelayaran, Syahbandar Priok Kunjungi INSA Jaya

14 Desember 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

via joc.com

**Audiensi tersebut juga bertujuan menyampaikan berbagai masukan serta diskusi dengan KSU Tanjung Priok antara para perusahaan pelayaran anggota INSA Jaya. **

Kepala Kantor Syahbandar Pelabuhan Utama (KSU) Tanjung Priok Jakarta, Andi Hartono serta jajarannya melakukan kunjungan ke Kantor Indonesia National Shippowners Association Jakarta Raya (INSA Jaya) pada Selasa (13/12/2022).

Selain dalam rangka memupuk silaturahmi antara Syahbandar Tanjung Priok dan INSA Jaya, audiensi tersebut juga bertujuan menyampaikan berbagai masukan serta diskusi dengan KSU Tanjung Priok antara para perusahaan pelayaran anggota INSA Jaya.

Ketua DPC INSA Jaya, Capt Alimudin, Sekretaris M. Erwin Yahya Zubir dan Bendahara Sunarno serta jajaran pengurus lainnya menerima langsung kunjungan Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok itu. Kepala Kantor Syahbandar Pelabuhan Utama (KSU) Tanjung Priok Jakarta, Andi Hartono memberikan apresiasi atas terjalinnya kerjasama antara INSA Jaya dan ISAA Jakarta sebagai pengguna jasa dalam bersinergi dengan Syahbandar Tanjung Priok.

Andi menjelaskan, instansinya akan terus berkomitmen membereskan berbagai masalah dan persoalan yang terjadi di pelabuhan Tanjung Priok, termasuk mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk memperbaiki adanya penilaian dari Stranas PK yang menyebutkan bahwa Tanjung Priok masih masuk kategori pelabuhan merah.

“Kita semua mesti bersinergi dan kolaborasi dalam membenahi dan meningkatkan kinerja pelabuhan Tanjung Priok,” ucapnya.

Sementara, Capt Rusdi, pengurus DPW ISAA Jakarta, mengapresiasi inisiatif INSA Jaya untuk mempertemukan para pelaku usaha atau pengguna jasa dengan Syahbandar Tanjung Priok.

“Selama ini sudah terbilang maju antara hubungan para pengguna jasa dengan Syahbandar Tanjung Priok. Adapun hal-hal lain yang berkaitan dengan kepentingan bersama, marilah kita diskusikan itu juga bersama, termasuk di antaranya soal SOP buku pelaut,” terang Capt Rusdi.

Pertemuan tersebut juga turut dihadiri oleh Capt. Rusdi selaku Pengurus Indonesia Shipping Agency Association (ISAA) DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Ketua DPC INSA Jaya Capt Alimudin menyampaikan terimakasih kepada Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok dan jajarannya atas upaya yang selama ini dilakukan untuk terus mengakomodir kelangsungan dunia usaha pelayaran terutama anggota INSA Jaya di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Diharapkan kerjasama kedepan dan harmonisasi antara INSA Jaya dan Syahbandar Tanjung Priok dapat terjalin lebih baik lagi. Perlu diketahui bahwa di pelabuhan sering kali muncul persoalan yang harus kita cari solusinya bersama-sama,” kata Capt Alimudin.

Oleh karenanya, imbuh Alimudin, INSA Jaya akan terus bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku terkait aktivitas kedatangan kapal-kapal yang dilayani di pelabuhan Tanjung Priok.
“Kami akan selalu mengikuti aturan yang berlaku, kami juga selalu bergandengan tangan dengan ISAA karena kepentingan dan keperluan kita relatif sama di pelabuhan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, selain mendiskusikan soal layanan pelabuhan Tanjung Priok, juga di bahas soal perizinan pembongkaran barang berbahaya, Sistem Perizinan Online Single Submision (OSS), keberadaan tempat penimbunan sementara (TPS) di pelabuhan Priok, maupun keagenan kapal.