freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

PENGIRIMAN UDARA

AS Bawa Logistik KTT G20 Terbanyak, Pesawatnya Bolak-balik ke Bali

14 November 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

via flickr.com

Sudah ada 8 negara telah mengirimkan logistik demi keperluan KTT G20.

Jenis ini ungkapnya justru masih dalam kapasitas kecil lantaran hanya mengangkut barang - barang yang relatif kecil saja.

Asisten Operasi (Asops) Komando Operasi Udara (Kaskoopsud) II Kolonel Pnb Bambang Sudewo membeberkan sudah ada 8 negara telah mengirimkan logistik demi keperluan KTT G20 hingga Sabtu (12/11/2022) malam. Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu negara dengan logistik terbanyak. Bahkan lebih dari satu pesawat mereka bolak-balik.

"Kanada, India, China, Abudhabi (UEA), Singapura, Australia, Amerika, Rusia, Arab, 8 negara itu ya sementara sampai Sabtu hari ini," kata Kolonel Bambang Sudewo kepada detikBali, Sabtu (12/11/2022).

"Untuk hari ini itu yang datang itu ada Amerika, Abudhabi (UEA), Australia, dan estimasi Singapura malam ini," lanjutnya.

Kolonel Bambang menjelaskan bahwa pesawat AS paling intens berkomunikasi.

"Ya dia masih bolak-balik transit untuk membawa keperluan logistik kepresidenan mereka, dan kita tidak tahu detailnya itu Imigrasi dan Bea Cukai yang memeriksa," katanya.

Bambang melanjutkan, pesawat US Air Force landing di Lanud Ngurah Rai pada jam 14.00 wita dengan menggunakan jenis pesawat Hercules C130. Sementara Abudhabi (UEA) justru menggunakan pesawat jenis Boeing 787.

Kemudian, AS kembali untuk mengirimkan pesawat Sam 394 C40 yang tiba pukul 15.51 Wita.

"Amerika rencananya malam ini juga tiba dengan Kode RCH 309 tipe pesawat C32 estimate (kedatangan) masih menunggu rencana berangkat pukul 19.20 Wita," ungkapnya perwira yang berdinas di Makassar ini.

Kolonel Bambang melanjutkan bahwa untuk Australia tiba pukul 15.00 dengan menggunakan jenis Boeing 737 The Brisbane. Jenis ini ungkapnya justru masih dalam kapasitas kecil lantaran hanya mengangkut barang - barang yang relatif kecil saja.

"Mungkin komputer, ATK (alat tulis kantor) dan lainnya," katanya.

Untuk negara Singapura telah direncanakan akan tiba malam ini sekitar pukul 19.05 Wita dengan menggunakan pesawat jenis Airbus 332. Sebagaimana diberitakan, sejumlah pesawat militer dan kargo milik delegasi G20 membawa dukungan logistik kepresidenannya.

Diprediksi hari ini merupakan hari terakhir kiriman dukungan logistik karena 9 para kepala negara dijadwalkan tiba esok Minggu (13/11/2022).