freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

PENGIRIMAN UDARA

Angkasa Pura I Bersinergi Dengan Pos Indonesia Untuk Tingkatkan Bisnis Logistik

19 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pengiriman penerbangan

Industrial port and container © onlyyouqj via Free...

Demi bisa meningkatkan bisnis logistik di Indonesia, kini PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) melakukan sinergi dengan PT Pos Indonesia (Persero) dengan menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU). Menurut yang disampaikan oleh Gaik Fahmi selaku Direktur Utama AP I, langkah yang mereka lakukan kali ini adalah merupakan tahap awal untuk melakukan kerjasama terkait layanan kargo dan logistik.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing layanan kargo dan logistik masing-masing pihak,” kata Faik dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (17/11).
Menurut Fahmi, ditengah pandemi seperti saat ini, bisnis kargo dan logistik udara adalah salah satu yang terbilang minim terkena dampak. Salah satu indikator yang bisa digunakan untuk menilai hal tersebut adalah tarif kargo yang pada tahun 2020 ini justru meningkat jika dibandingkan dengan trafik pada tahun 2019 lalu di bandara Angkasa Pura I, yang mana sebelumnya adalah 427 ribu kilogram, kini jadi 436 kilogram.

Faik juga membeberkan bahwa nantinya upaya meningkatan kapasitas bisnis kargo dan logistik akan didukung oleh anak usaha AP I, yakni Angkasa Pura Logistik. Ia juga menambahkan bahwa mereka memilih melakukan kerjasama dengan Pos Indonesia karena perusahaan tersebut merupakan pelaku bisnis kurir dan kargo utama di Indonesia.

“Rencana kerja sama ini bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya masing-masing pihak. Termasuk penguatan peran anak-anak perusahaan masing-masing pihak sehingga bersama-bersama dapat mendukung ketahanan logistik di Indonesia dengan melakukan efisiensi dari sisi biaya sehingga dapat meningkatkan daya saing,” jelas Faik.