freightsight
Jumat, 26 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Aktivitas Bongkar Muat Naik 12,5 Persen Jelang Lebaran

31 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via freepik.com

Jelang lebaran, arus angkutan barang melalui jalur laut akan mengalami peningkatan.

INSA siap menyambut situasi peningkatan itu melalui ketersediaan armada kapal yang mengangkut barang sesuai demand.

Menjelang Lebaran, arus angkutan barang melalui jalur laut akan mengalami peningkatan. Itu tentu saja telah membuat anggota asosiasi pemilik kapal melakukan persiapan. Misalnya, yang dilakukan Indonesian National Shipowners’ Association (INSA).

Ketua DPC INSA Surabaya Stenvens Handry Lesawengen mengatakan bahwa menjelang Lebaran ini, terjadi peningkatan aktivitas bongkar muat. Jika dibandingkan dengan hari biasa, saat ini tentu saja peningkatannya mencapai 12,5 persen. Komoditas kebutuhan bahan pokok mendominasi dari angkutan barang tersebut.

Stenvens menjelaskan bahwa kota di Indonesia Tengah dan Barat mendominasi tujuan angkutan barang itu. Di antaranya, Balikpapan, Kendari, Banjarmasin, Makassar, Sampit, Palembang dan Padang.

”Mayoritas dari daerah-daerah yang akan merayakan Lebaran,” paparnya Rabu (26/3).

Seluruh anggota INSA rupanya juga telah siap menyambut situasi peningkatan itu melalui ketersediaan armada kapal yang akan mengangkut barang sesuai demand. Bukan hanya itu, infrastruktur pendamping rupanya juga telah disiapkan.

Mulai dari ketersediaan kontainer hingga tambatan. ”Supaya kapal tidak lama menunggu,” tambah dia.

Antisipasi menjelang Lebaran ini tentu saja juga telah dilakukan jauh-jauh hari. Dia percaya bahwa seluruh anggota INSA juga sangat mampu melayani angkutan barang sesuai demand. Dengan begitu, arus barang tentu tidak akan pernah mengalami hambatan. ”Ini dapat menekan angka disparitas harga juga,” terangnya.

Kondisi berbeda terjadi terhadap arus ekspor dan impor. Stenvens di sini pun juga mengatakan bahwa ekspor dan impor tahun ini turun menjadi 8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Di samping itu, Direktur Operasi dan Teknik BJTI Noor Budiwan mengatakan bahwa telah dilakukan perluasan lapangan penumpukan untuk bisa menghadapi peningkatan arus barang menjelang Lebaran.

”Saat ini setiap hari ada delapan kapal yang sandar di Terminal Berlian,” papar Noor.

Noor di sini pun juga menjelaskan bahwa saat ini arus keluar masuk kontainer mencapai 3.000 boks per hari. Jumlah tersebut diprediksi terus meningkat seiring menjelang Lebaran. Pihaknya mengoperasikan 59 truk untuk mengangkut kontainer dari kapal menuju lapangan penumpukan.