freightsight
Rabu, 1 Mei 2024

PENGIRIMAN LAUT

Akibat Kekacauan Jalur Pasokan, Korban Tewas Karena Gempa Bumi Meningkat di Turki dan Suriah

8 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via detik.com

Gempa 7,8 SR melanda kota-kota perbatasan Turki dan Suriah kemarin yang menyebabkan gangguan pengiriman pada arus peti kemas.

Sumber-sumber industri meyakini operasi di pelabuhan-pelabuhan lain terganggu pemadaman listrik.

Gempa dengan berkekuatan 7,8 SR melanda kota-kota perbatasan Turki dan Suriah kemarin, dengan gempa susulan menyebabkan gangguan pengiriman yang serius pada arus peti kemas.

Dampaknya masih dievaluasi oleh para pemangku kepentingan rantai pasokan dan laporan awal mengindikasikan telah terjadi kerusakan infrastruktur berskala besar yang ada di pelabuhan Iskenderun, pelabuhan utama di sisi Mediterania Turki.

Kontainer-kontainer di sana terbakar dan kobaran api terus berlanjut, menurut laporan media. Seorang saksi mata mengatakan kepada media sosial pagi ini kebakaran yang dari kemarin sore telah berjalan tanpa terkendali dan kemungkinan menghabiskan sebagian besar peti kemas yang tersimpan dan merusak peralatan penanganan.

"Telah dipastikan bahwa dermaga di Pelabuhan Iskenderun runtuh," ujar otoritas maritim Turki, yang menyatakan bahwa operasi tetap berjalan di pelabuhan-pelabuhan lain.

Namun, sumber-sumber industri meyakini operasi di pelabuhan-pelabuhan lain bisa terganggu pemadaman listrik dan hambatan-hambatan lain yang tak terelakkan, mengingat skala kerusakan terjadi.

Gempa menyebabkan jalan-jalan di sekitar area pelabuhan Iskenderun tidak dapat dilalui, sehingga pergerakan truk terhenti, menurut laporan dan pembaruan operator. Akibatnya, operator kapal laut mengumumkan penangguhan layanan pengiriman dari Iskenderun untuk waktu yang tidak terbatas.

Maersk mengatakan dalam sebuah peringatan kepada pelanggan: "Sayangnya, pelabuhan ini mengalami kerusakan struktural parah yang menyebabkan penghentian total semua operasi hingga pemberitahuan lebih lanjut." Maskapai Denmark ini menambahkan bahwa para vendor tidak memindahkan truk apa pun di dalam dan di sekitar area tersebut.

Selain fasilitas sandar, sejumlah tempat penyimpanan peti kemas mengalami kerusakan dan gangguan pada jaringan telekomunikasi.

Jalur pelayaran yang melayani wilayah Mediterania dan Laut Hitam mulai mengalihkan rute pengiriman tujuan Iskenderun dan mengerjakan ulang rantai pasokan Turki karena tantangan yang mereka antisipasi dalam mengirimkan kargo ke tujuan.

Maersk mencatat bahwa pembatalan pemesanan, amandemen dan perubahan tujuan Iskenderun dan Mersin akan diterima gratis hingga akhir bulan, tetapi menambahkan: "Masih belum jelas kapan pelabuhan Iskenderun akan kembali beroperasi secara normal."

Sebagai langkah sementara mengatasi krisis, para operator berencana mengalihkan pengiriman yang menuju Iskenderun untuk dibuang di hub terdekat, termasuk Mersin dan Port Said. Namun, mereka memberikan peringatan pada pengaturan ad-hoc tersebut: solusi alternatif akan tergantung pada upaya evakuasi yang berlangsung.

"Kami berkewajiban untuk mengalihkan kargo Anda ke Mersin," kata CMA CGM (India) kepada para pelanggan. "Kami mendorong pelanggan kami untuk mengambil pengiriman kargo mereka di Mersin sesegera mungkin."

Menurut laporan terakhir, gempa bumi besar dan gempa susulan berikutnya menewaskan lebih 5.000 orang, dengan pihak berwenang dan tim penyelamat mengkhawatirkan adanya korban jiwa lebih banyak lagi saat mereka menyisir reruntuhan bangunan yang runtuh.